Sukabumi Update

Tak Perlu Ribet Bayar Pajak Bisa Dilakukan Online, Simak Caranya

SUKABUMIUPDATE.com - Bayar Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB bisa dilakukan tanpa harus mengantri. Kini bisa dilakukan secara online, bahkan dari rumah sekalipun.

Cara bayar PBB online dapat dilakukan melalui dua akses berbeda, yakni lewat website pemerintah setempat atau menggunakan aplikasi LinkAja.

Baca Juga :

Cara Bayar PBB Online Lewat Website Pemerintah Terkait

Cara bayar PBB online pertama adalah dengan mengakses website pemerintah daerah setempat. Beberapa pemerintah daerah telah menyediakan portal khusus untuk membayar pajak seperti pajakonline.jakarta.go.id untuk warga Jakarta atau pbb.surabaya.go.id bagi warga Surabaya.

Selanjutnya isikan data diri seperti nomor identitas dan bank yang dipilih untuk melakukan pembayaran. Pembayaran pajak online ini biasanya dilakukan dengan mentransfer sejumlah pajak yang dibayarkan ke bank daerah. 

Selanjutnya, jika pembayaran sudah berhasil status pembayaran pada akunmu akan berubah.

Baca Juga :

Cara Bayar PBB Online Lewat LinkAja

Salah satu aplikasi dompet digital yang bisa digunakan untuk mengakses pembayaran PBB adalah LinkAja. 

Namun, sebelum kamu melakukan pembayaran lewat aplikasi ini, terlebih dahulu isi saldo dompet digital sesuai dengan jumlah yang akan dibayarkan dan lakukan langkah-langkah di bawah ini.

photoPembayaran pajak dilakukan secara online - (Istimewa)</span

1. Buka aplikasi LinkAja yang telah diunduh lewat Playstore atau Appstore , kemudian klik menu Lainnya pada halaman beranda.

2. Klik menu Pajak dan Retribusi.

3. Klik PBB berdasarkan daerah domisili. Masukkan tahun pembayaran dan Nomor Objek Pajak (NOP), lalu klik Lanjut.

4. Setelah itu akan muncul informasi rincian jumlah tagihan pajak yang harus dibayarkan. Lakukan pembayaran ke nomor virtual account dan bank yang telah ditentukan. 

Jika pembayaran berhasil maka status pembayaran pajakmu akan berubah. Untuk memastikan keberhasilannya kamu juga bisa melakukan dua kali cek di website Badan Pendapatan Daerah.

Editor : Toni Kamajaya

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI