Sukabumi Update

Pemerintah Ingin MotoGP Mandalika Hasilkan Keuntungan hingga Setengah Triliun

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate berharap Indonesia dapat meraup keuntungan besar dalam penyelenggaraan seri balapan MotoGP Mandalika 2022. 

Dilansir dari tempo.co, pasalnya investasi untuk pembangunan Sirkuit Mandalika tersebut telah menghabiskan biaya yang sangat besar. Oleh sebab itu, Johnny berharap MotoGP Indonesia bisa mendongkrak dampak ekonomi secara signifikan.

“Kita harapkan bahwa dampak langsung dari kegiatan MotoGP multiplier effect itu sekitar setengah triliun langsung bisa dihasilkan. Setiap tahun, pariwisata Mandalika di samping MotoGP nanti bisa bertumbuh, karena juga menjadi destinasi pariwisata,” kata Johnny.

Johnny menjelaskan, kehadiran Sirkuit Mandalika ini bisa menghasilkan keuntungan sekitar 40 juta USD atau setara Rp 572 triliun per tahunnya. 

Baca Juga :

photoMenteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate - (Dok. Kominfo)</span

Selain itu, Menkominfo juga berharap gelaran MotoGP Mandalika bisa membuka berbagai lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat setempat.

“Khusus untuk perhelatan MotoGP sendiri menyerap hampir 8 ribu orang. Dan yang berkaitan dengan UMKM dan tenaga kerja untuk peningkatan produk-produk UMKM sekitar 3 ribu orang. Jadi dampak langsung sisi ekonominya berkaitan dengan itu,” ujarnya. 

Baca Juga :

Gelaran MotoGP Mandalika sendiri menjadi salah satu ajang pembuktian bagi Indonesia untuk menyelenggarakan acara internasional di tengah situasi pandemi. Meski begitu, protokol kesehatan tetap digencarkan untuk menyukseskan ajang balap ini.

“Vaksinasi dosis pertama sudah 70 persen lebih dan dosis kedua 61 persen. Kita masih punya cukup waktu untuk melakukannya. Karenanya kolaborasi dengan banyak pihak untuk melakukan vaksin keliling untuk meningkatkan vaksinasi,” pungkasnya. 

Sumber: tempo.co

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI