Sukabumi Update

5 Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Termasuk?

SUKABUMIUPDATE.com - Mata uang merupakan alat pembayaran yang berlaku dan diterima untuk melakukan transaksi di suatu negara. 

Setiap Negara memiliki satuan nilai Mata Uang yang berbeda. Ada Negara yang menjadi pusat perhatian karena nilai Mata Uangnya, ada juga negara yang memiliki nilai Mata Uang rendah di Dunia.

Lantas Negara mana saja yang memiliki Mata Uang terendah di Dunia saat ini? Bagaimana dengan Rupiah?

Baca Juga :

Dikutip dari Suara.com, sejak pandemi Covid-19 bahkan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat semakin melemah. 

Diketahui, nilai Mata Uang adalah indikator terbesar perekonomian negara, kondisi ekonominya, investasi asingnya dan nilai tukarnya.

Sebagian besar mata uang diukur berdasarkan kekuatannya sambil membandingkannya dengan dolar AS, sementara beberapa membandingkannya dengan sterling.

Berikut adalah daftar negara dengan nilai mata uang terendah di dunia yang menarik untuk diketahui. Simak ulasanya dibawah ini.

1. Rial - Iran

photoRial - Iran - (Unsplash)

Rial Iran adalah mata uang dunia yang paling murah. Satu dolar AS sama dengan 24.875 riyal Iran.

Nilai yang lebih rendah dari riyal Iran adalah karena hubungannya dengan AS dan sanksi ekonomi global yang telah dijatuhkan padanya bersama dengan transaksi yang dibatasi.

2. Dong - Vietnam

photoDong - Vietnam - (iStock)

Vietnam adalah negara yang memiliki mata uang termurah ke-2 di dunia. Nama mata uang Vietnam adalah Vietnam Dong. Dong  pertama kali diperkenalkan pada tahun 1946 menggantikan piaster Indochina Prancis.

Uang kertas pertama dari mata uang tersebut dikeluarkan pada tahun 1976, tetapi nilai dong paling rendah sejak hari pertama kali diterbitkan.

3. Sao Tome dan Principe

photoSao Tome dan Principe - (iStock)

Sao Tome dan Principe merupakan pulau kecil yang sangat terkenal yang memiliki mata uang terendah ke-3 di dunia.

Nilai mata uangnya 17.917 std sama dengan satu dolar. Ini adalah dua pulau dengan luas 1.001 km. Pada tahun 1975 memperoleh kebebasan dari Portugal. Uang kertas negara diperkenalkan di tahun kemerdekaan.

4. Rupiah - Indonesia

photoRupiah - Indonesia - (iStock)

Rupiah Indonesia merupakan mata uang terendah keempat di dunia. Rupiah memiliki uang logam mulai dari 50 hingga 1.000 dan uang kertas terdiri dari 1.000 hingga 100.000. Beberapa waktu lalu, pemerintah telah membatalkan uang kertas Rp1.000 dan telah mengeluarkan uang kertas Rp 2.000.

5. Rubel - Belarusia

photoRubel - Belarusia - (pngwing.com)

Rubel Belarusia adalah mata uang terendah kelima di dunia. Harganya 9.898 BYR dalam persaingan dengan satu dolar.

Pada tahun 1992 negara pertama kali mengeluarkan uang kertas dan koin utama diperkenalkan pada tahun 1996. Uang kertas Belarus berkisar dari 500 hingga 5.000.000.

 

Sumber: Suara.com

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI