Sukabumi Update

Sebelum Pensiun, Lakukan 7 Langkah Perencanaan Keuangan Berikut

SUKABUMIUPDATE.com - Keuangan di masa tua nanti perlu kamu pikirkan dari sekarang meskipun usia kamu masih tergolong muda.

Hal tersebut untuk memastikan keuangan kamu saat tua nanti tidak bermasalah terutama setelah pensiun.

Tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Bahkan, kamu juga bisa mempelajari berbagai investasi.

Dilansir dari Finance Buzz via Tempo.co, berikut beberapa tujuan finansial yang dapat dipelajari dan dapat diterapkan dengan realistis di usia 50-an.

Baca Juga :

1. Miliki Tabungan Pensiun

Kamu dapat memulai dari sekarang untuk menabung di masa pensiun dan kembali melihat portofolio. Kamu mungkin ingin menyeimbangkan kembali investasi agar sedikit lebih konservatif jika membutuhkan uang segera.

2. Tambah Penghasilan

Kamu juga dapat memulai dari sekarang untuk mencoba menambahkan lebih banyak uang ke tabungan. kamu dapat mencoba untuk melihat pekerjaan yang belum pernah diambil sebelumnya dan mencoba kesempatan tersebut.

3. Persiapkan Dana Impian

photo(Ilustrasi) Lakukan perencanaan keuangan untuk hari tua dari sekarang - (Pixabay nattanan23)</span

Bayangkan seperti apa kehidupan pascapensiun dan mulailah merencanakannya sekarang. Contohnya, banyak orang ingin bepergian lebih banyak setelah pensiun. Oleh karena itu, kamu dapat mempertimbangkannya mulai dari sekarang.

4. Rencanakan Tabungan Untuk Jangka Panjang

Salah satu rencana yang dapat mengacaukan rencana pensiun adalah masalah kesehatan. Pada usia 50-an, ini menjadi waktu yang tepat untuk melihat rencana jangka panjang dan berinvestasi pada asuransi yang diharapkan dapat melindungi di kemudian hari.

5. Perhatikan Utang

Apakah kamu memiliki pinjaman yang tersisa untuk dilunasi atau utang kartu kredit yang ingin dikendalikan? Pertimbangkan untuk membayar sebagian, susun anggaran dan cari tahu bagaimana dapat memotong biaya atau mengatur ulang pengaturan untuk memotong uang.

6. Hemat Uang Untuk Perumahan

kamu mungkin sedang tidak membutuhkannya. Namun, mungkin hal ini perlu dipertimbangkan di masa depan, terutama jika anak-anak sudah pindah atau kamu sendiri sulit untuk memanajemen rumah sekarang, terutama jika sangat besar.

7. Miliki Rekening Tabungan

Kamu dapat mendapatkan manfaat dengan memulai atau menambah rekening tabungan untuk tujuan saat ini atau masa depan. Temukan rekening tabungan terbaik dan tambahkan isinya.

SUMBER: FINANCE BUZZ | TEMPO.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI