Sukabumi Update

1,3 Miliar Data Kartu SIM Bocor, Begini Cara Cek Keamanan Nomor HP Anda

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat dihebohkan dengan kemunculan kabar jika ada 1,3 miliar Data pendaftaran atau Registrasi Kartu SIM di Indonesia diduga Bocor ke internet dan diperjual belikan.

Untuk masyarakat jika ingin melihat apakah nomornya Anda ikut bocor atau tidak, Anda dapat memeriksanya melalui situs periksadata.com Situs ini mirip seperti pengecekan data haveibeenpwned.com.

photoCara Memeriksa Keamanan Nomor HP Anda - (periksadata)</span

Situs ini direkomendasikan oleh Teguh Aprianto, pakar keamanan siber sekaligus Founder of Ethical Hacker Indonesia. Ia membagikan informasi ini di akun Twitternya, @secgron.

Baca Juga :

Seperti melansir dari Suara.com, berikut cara cek nomor HP apakah bocor atau tidak:

  1. Buka situs https://periksadata.com/simcardkominfo/
  2. Masukkan nomor HP di kolom yang disediakan
  3. Setelahnya klik opsi 'Periksa Sekarang'

Situs itu akan memperlihatkan apakah nomor kalian bocor atau tidak. Sebab website periksadata.com itu sudah memiliki sampel 2 juta data nomor HP yang disebarkan hacker.

"WAH SELAMAT! Data kamu tidak termasuk di dalam sampel yang diberikan oleh pelaku sebanyak 2 juta data," tulis situs tersebut apabila nomor yang dicek tidak termasuk dalam sampel.

Dengan kata lain, tak ada jaminan kamu aman jika nomor ponsel tidak termasuk dalam sampel yang berjumlah 2 juta itu. Karena total data yang bocor ada sekitar 1,3 miliar.

"Tapi kemungkinan data kamu ikut bocor bersamaan dengan 1,3 miliar data registrasi nomor HP lainnya," tulis situs tersebut.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI