Sukabumi Update

Marak Kasus Kebocoran Data, Inilah Hal yang Harus Dilakukan Jika Mengalaminya

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus kebocoran data masyarakat Indonesia saat ini masih menjadi perbincangan hangat. Kasus terbaru adalah aksi hacker Bjorka yang meretas data milik pejabat, kementerian, dan BUMN.

Tidak tanggung-tanggung, sejumlah data yang dibocorkan mencakup nama lengkap, nomor ponsel, NIK, alamat, hingga riwayat hidup. 

Data pribadi yang terlanjur bocor akan sangat rawan untuk disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Misalnya, data pribadi yang sifatnya rahasia itu digunakan untuk melancarkan aksi teror.

photoKasus Kebocoran Data yang Dilakukan Hacker Bjorka- (twitter @secgron.)</span

Lebih parahnya, melansir Kaspersky, data pribadi yang bocor juga rentan disalahgunakan untuk mencuri aset keuangan. 

Baca Juga :

Menurut pakar keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, memang tidak banyak yang bisa dilakukan masyarakat bila data pribadinya seperti NIK bocor. 

“Secara teknis, kalau memang data kependudukan kita bocor, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Jadi kita perlu berhati-hati dan menyadari kemungkinan data yang bocor itu dieksploitasi, “ katanya dikutip oleh Tempo.co dari Antara.

Guna meminimalisir risiko bahaya yang terjadi, seseorang perlu segera melakukan pengamanan terhadap data pribadi yang sudah terlanjur bocor. 

Dilansir dari Fulton Bank, berikut beberapa hal yang harus dilakukan saat data pribadi bocor: 

1. Segera Mengubah Kata Sandi (Password)

Setelah data pribadi dipastikan mengalami kebocoran, segera lakukan perubahan kata sandi di akun media sosial, email, maupun akun digital lainnya.

Ini dilakukan agar peretas tidak bisa mengakses akun yang dimiliki dan menyalahgunakannya. Hindari menggunakan data-data yang sudah bocor, seperti tanggal lahir ke dalam kata sandi baru agar tidak mudah ditebak oleh peretas. selain itu, kata sandi baru diubah menjadi lebih kuat, aman, dan unik. 

Halaman Selanjutnya

Baca Juga :

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI