Sukabumi Update

Jangan Sampai Overheat! Begini Cara Mencegah Laptop dari Suhu Panas

Cara mencegah Laptop dari suhu panas | Foto : Unsplash

SUKABUMIUPDATE.com - Dengan banyaknya tekanan yang dapat memengaruhi laptop sepanjang masa pakainya, penting untuk memahami cara menjaga laptop tetap dingin.

Menjaga suhu perangkat Anda adalah bagian penting dari pemeliharaan dan cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari perangkat Anda.

Sediakan Ruang untuk Udara Bergerak

Cara termudah untuk menjaga perangkat Anda tetap dingin adalah dengan mencegahnya agar tidak terlalu panas, dengan memastikan laptop memiliki ventilasi yang baik. Karpet, selimut, bantal, dan pakaian dapat bertindak sebagai isolator. Dikutip dari Waktuku, isolator mencegah dan menghambat energi panas dan aliran arus listrik.

Artinya, perangkat Anda tidak dapat memberikan ventilasi yang baik saat Anda bekerja di permukaan tersebut. Untuk mencegah penyumbatan ventilasi internal perangkat Anda, hindari apa pun yang dapat menutup perangkat Anda dari bawah. Dari ulasan Diajartekno, Anda juga dapat berimprovisasi dengan buku atau benda kecil serupa. Letakkan perangkat pada benda tersebut.

Baca Juga: Banyak Rutilahu di Kabupaten Sukabumi, DPRD Bahas Terbatasnya Anggaran

Pasang Aksesori pendingin

Salah satu solusi aksesori yang paling mudah diakses adalah bantalan atau alas pendingin laptop. Alat ini didesain sebagai sisipan datar yang diletakkan secara merata di antara laptop dan permukaan tempat kerja.

Sisipan ini dirancang untuk menarik panas dari komponen paling aktif di perangkat Anda dan membuangnya. Sebagian besar akan diletakkan rata atau miring, dan terkadang diintegrasikan ke dalam dudukan.

Menambahkan unit pendingin ke perangkat Anda mungkin memerlukan banyak tenaga dan biaya. Namun ini adalah salah satu solusi paling langsung untuk menghilangkan panas berlebih.

Pantau Suhu Laptop

Meskipun Anda tidak dapat menemukan solusi dengan perangkat lunak atau aksesori pendingin, setidaknya Anda dapat memperhatikan suhu luar perangkat Anda. Jika Anda menggunakannya dan terasa lebih panas dari biasanya, Anda mungkin perlu mengistirahatkannya sebentar. Dari sana, Anda dapat mengikuti tips yang diuraikan di atas untuk membantu menemukan solusi masalah panas Anda.

Baca Juga: Lowongan Kerja Operator Produksi di Pabrik Sukabumi, Non Pengalaman Tidak Masalah!

Laptop yang berada dalam suhu terlalu panas dapat menimbulkan masalah. Untungnya, ada banyak cara untuk menghindari panas berlebih yang dapat menyebabkan kerusakan pada masing-masing komponen. Panduan diatas diharapkan untuk membantu Anda menjaga laptop tetap dingin sehingga Anda dapat tetap produktif.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT