Sukabumi Update

Google Tutup Layanan Penyingkat URL Goo.gl

SUKABUMIUPDTE.com - Google mengganti layanan penyingkat URL miliknya, goo.gl, dengan Firebase Dynamic Links (FDL) mulai tanggal 13 April, sebagaimana dilaporkan Engadget, Sabtu  31 Maret 2018.

Dynamic Links adalah URL cerdas yang dapat digunakan untuk mengirim pengguna dan calon pengguna ke lokasi mana pun dalam aplikasi iOS atau Android.

URL ini tetap aktif setelah aplikasi diinstal, jadi pengguna baru pun dapat melihat konten yang dicari saat membuka aplikasi untuk pertama kalinya. “Dynamic Links akan terus gratis, untuk skala apa pun,” tulis Google.

Google menggunakan teknologi penyingkat URL yang diluncurkan pada tahun 2009, dan menambahkan API pihak ketiga, kemampuan untuk membuat kode QR dan kekuatan untuk terhubung langsung ke iOS dan aplikasi Android.

 

Bahkan Keanu Reeves memiliki penyingkat URL yang dinamai untuk menghormatinya.

Anda tidak akan dapat membuat tautan pendek goo.gl baru setelah tanggal 13, tetapi pengguna yang ada dapat mengelolanya melalui goo.gl console sampai tahun berikutnya.

Setelah itu, semua tautan akan tetap berfungsi, tetapi Anda tidak akan dapat mengakses konsol itu sendiri setelah 30 Maret 2019.

Google menyarankan membuat FDL mulai sekarang, atau menggunakan layanan penyingkat lainnya seperti Bitly dan Ow.ly.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI