Sukabumi Update

Platform Facebook, Instagram dan WhatsApp Dikabarkan Down

SUKABUMIUPDATE.com - Facebook dan Instagram dikabarkan  mengalami down untuk beberapa pengguna di seluruh dunia mulai Rabu sore, 13 Maret 2019. Pagi ini, layanan sudah mulai normal di beberapa negara.

Meskipun pengguna dapat membuka kedua platform dan beberapa layanan tampaknya telah dipulihkan, pengguna melaporkan masalah dengan mengirim pesan di Messenger, memposting ke umpan di semua produk Facebook.

Bahkan menurut laman The Verge, Rabu, 13 Maret 2019, WhatsApp yang awalnya tampak baik-baik saja, namun sejumlah pengguna di beberapa negara seperti Paraguay, India, Bangladesh, Argentina mengaku sempat mengalami masalah pengiriman pesan.

Laman DownDetector menunjukkan bahwa mereka yang berada di Brasil mengalami pemadaman paling parah. The Verge menguji beberapa akun miliknya dan menemukan bahwa Facebook Messenger tidak dapat bekerja sama sekali di desktop, meskipun aplikasi seluler berfungsi.

Sementara Instagram jauh lebih buruk. Bagi sebagian pengguna, unggahan tidak bisa dimuat, Instagram Story sedang down, dan pesan langsung serta tombol untuk mengirim konten baru juga tidak berfungsi. Bagian iklan Facebook juga tidak berfungsi.

Sekitar satu jam setelah pengguna pertama kali mencatat pemadaman, Facebook merespons di Twitter. Raksasa media sosial besutan Mark Zuckerberg juga mencatat bahwa masalah ini tidak terkait dengan serangan DDoS.

Menurut DownDetector, sepertinya pemadaman terutama di New England; Texas; Seattle, Washington; sebagian dari Amerika Latin, termasuk Peru, serta Inggris, India,; dan Filipina. Pengguna dari Kanada, Las Vegas, dan Turki juga mencatat pemadaman di sana. 

Seorang pengguna di California menulis komentar di The Verge, "Tidak ada yang bisa masuk ke game multipemain apa pun yang dibeli melalui toko Oculus. Mereka juga tidak dapat mengakses Home Oculus mereka. Pengguna juga melaporkan tidak dapat membeli game dari toko Oculus," kata pengguna itu. Oculus VR adalah platform hardware dan software VR milik Facebook.

Pengguna lain mencatat bahwa mereka gagak ketika mencoba menggunakan Facebook untuk masuk ke aplikasi seperti Tinder atau Spotify. Bahkan, ketika mencoba melakukannya akan memunculkan peringatan "fitur ini tidak tersedia saat ini". Jika pengguna sudah masuk ke Spotify, tampaknya login masih valid, tapi begitu keluar, pengguna tidak akan bisa masuk lagi.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI