Sukabumi Update

Facebook Berencana Bikin OS Sendiri

SUKABUMIUPDATE.com - Facebook dikabarkan tengah mengembangkan sistem operasi (OS) miliknya sendiri, guna mengurangi ketergantungan terhadap Android.

Sebagaimana lansiran dari laman The Verge, Selasa (24/12/2019), pengembangan sistem operasi milik Facebook dipimpin oleh Mark Lucovsky, veteran Microsoft yang turut ambil bagian dalam pembuatan membuat sistem operasi Windows NT.

Nantinya, sistem operasi Facebook tersebut bakal mendukung headset VR Oculus dan perangkat Portal milik Facebook. Seperti diketahui, kedua perangkat tersebut saat ini masih bergantung pada Android.

Menurut salah satu kepala AR dan VR Facebook, Ficus Kirkpatrick, ada kemungkinan bahwa perangkat keras masa depan Facebook tidak perlu bergantung pada perangkat lunak Google.

Di masa yang akan datang, perusahaan rintisan Mark Zuckerberg ini berencana mengurangi atau menghapus sepenuhnya kendali Google atas hardware buatan Facebook.

"Kami benar-benar ingin memastikan generasi berikutnya akan memiliki ruang untuk kami," kata Kepala Hardware Facebook, Andrew Bosworth.

Selain headset VR Oculus dan Portal, Facebook juga disebut-sebut sedang mengembangkan kacamata Augmented Reality (AR) yang punya kode nama 'Orion'. Konon, perangkat ini bakal diluncurkan pada 2023 mendatang.

Sumber: Suara.com

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI