Sukabumi Update

Laris sejak Wabah Covid-19, Aplikasi Zoom Rupanya Curang

SUKABUMIUPDATE.com - Melansir dari suara.com, untuk mengikuti imbauan kerja dan belajar di rumah, publik di Indonesia banyak menggunakan aplikasi video call Zoom yang bisa menampung banyak orang sekaligus.

Sayang, demikian dilansir Apple Insider, Jumat (27/3/2020), aplikasi Zoom di platform iOS milik Apple justru secara diam-diam, tanpa ada izin dari pengguna, mengirim informasi pribadi pemakainya ke Facebook.

Sebuah laporan analisis jaringan dari Motherboard menyebutkan bahwa data yang dikirim Zoom versi iOS ke Facebook meliputi sejumlah informasi pribadi tentang pengguna.

Ketika membuka aplikasi, Zoom akan mencatat model ponsel, lokasi pengguna, operator selular yang dipakai, dan ID khusus yang dapat digunakan oleh pengiklan atau pihak ketiga untuk mengirim iklan kepada pengguna.

Parahnya, praktik pelanggaran privasi data pribadi yang dilakukan Zoom versi iOS ini tidak dicantumkan oleh pengembang di dalam halaman kebijakan pengguna.

Juru bicara Facebook sudah menindaklanjuti masalah ini dengan meminta pengembang aplikasi Zoom untuk menginformasikan ke pengguna bahwa data atau informasi pribadi mereka akan diambil serta dikirim ke Facebook.

Tak hanya itu, ia juga meminta pengembang aplikasi untuk transparan dan jelas memberikan informasi kepada pengguna perihal data apa saja yang dikirimkan ke Facebook.

 

Sumber : suara.com

 

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI