Sukabumi Update

Kesal Laptop Lemot? Ini Langkah Mempercepat Kinerjanya

SUKABUMIUPDATE.com - Pekerjaan sedang banyak-banyaknya tapi laptop lemot? sudah terbayang betapa kesalnya. Kinerja laptop yang lambat kerap mengganggu produktivitas pekerjaan, apalagi jika pekerjaan tersebut mesti berkutat di depan laptop.

Ada banyak faktor yang memperburuk kinerja laptop. Kinerja laptop tidak pengaruh pada merek maupun tipe laptop. Namun,dipengaruhi oleh usia sudah melakukan upgrade atau tidak.

Selain itu permasalahan laptop lemot bisa dikarenakan harddisk sudah lama dan penuh. Lalu terlalu banyak aplikasi di laptop. Pasalnya beberapa aplikasi itu akan berjalan di background secara otomatis saat laptop dinyalakan, akibatnya laptop jadi lambat.

Adapun cara mempercepat kinerja laptop adalah sebagai berikut:

Pertama perbesar kuantitas RAM. Cara ini selalu dilakukan untuk mengatasi laptop yang sudah lemot. Misalnya, RAM 2GB ditingkatkan jadi 4 GB atau selebihnya. Hal ini tergantung batasan akhir upgrade laptop tersebut. Untuk langkah pertama ini harus dilakukan oleh tenaga ahli.

Kedua, mengganti HDD ke SSD. Agar performa laptop lebih kencang, mengubah HDD ke SSD akan menambah kecepatan kinerja laptop.

Langkah selanjutnya, menghapus program yang tidak penting. Cara mempercepat kinerja laptop yang ini juga terbilang cukup mudah dan tidak perlu membeli perangkat baru.

Cara lainnya adalah memasang anti virus. Bisa jadi kinerja laptop lelet karena banyak virus yang masuk kedalam sistem laptop yang bekerja dua kali lipat. Pakailah anti virus resmi, jangan bajakan. Jika ingin Hharga murah, gunakan Windows Defender.

Rajin defrag pada hardisk adalah kebiasaan yang baik untuk menjaga kecepatan laptop. Hal ini bisa membuat hardisk bekerja lebih efisien dan lebih teratur.

Terakhir, cara mempercepat kinerja laptop dengan menghapus file yang Ada di Recycle Bin. Cara ini hanya bisa dilakukan di Windows 10 lemot. Ketika tempat penyimpanan hampir penuh, maka kemampuan menjalankan mesin laptop akan berkurang. Maka menghapus semua file yang ada di Recycle Bin adalah jalan keluarnya.

Sumber: TEMPO.CO

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI