Sukabumi Update

Resmi Meluncur, Berikut Ragam Fitur Baru Windows 11

SUKABUMIUPDATE.com - Microsoft secara resmi memperkenalkan sistem operasi terbarunya, Windows 11, pada kamis malam tanggal 24 Juni 2021 kemarin. Beragam fitur baru dan menarik ditawarkan oleh penerus Windows 10 ini.

Dilansir dari laman the Verge, secara garis besar, Windows 11 fokus pada penyederhanaan antarmuka pengguna (user interface) dan yang paling menyoloik adalah tampilan menu Start yang terdapat di tengah taskbar. Mode gelap dan terang juga akan diperbarui sehingga memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman di depan monitor lebih baik daripada Windows sebelumnya.

Selain itu, Windows 11 juga menghadirkan toko Windows baru yang memungkinkan pengguna dengan lebih cepat dan mudah untuk menemukan aplikasi baru, bahkan aplikasi Android seperti TikTok dan Instagram dikabarkan juga akan tersedia di toko Windows 11.

Baca Juga :

Peningkatan kinerja serta multitasking pada Windows 11 juga ditingkatkan yang dapat memungkinkan pengguna melakukan pekerjaan dengan membuka beragam aplikasi secara bersamaan dengan mudah. Hal ini akan sangat berguna bagi pengguna yang menggunakan banyak layer monitor secara bersamaan. Windows 11 memungkinkan penggunanya untuk dapat menjalankan aplikasi android untuk pertama kalinya.

Windows 11 juga memungkinkan pengguna dengan cepat memasukkan aplikasi ke dalam berbagai mode yang didukung melalui fitur Microsoft Snap Layouts. Pengguna juga tidak perlu khawatir lupa terhadap aplikasi yang disimpan berkat adanya fitur Grup Snap yang akan mengingat di mana aplikasi pengguna disimpan.

Microsoft juga mengintegrasikan Microsoft Teams langsung ke sistem operasi terbarunya ini yang memungkinkan penggunanya menelepon teman, keluarga, atau rekan kerja. Fitur ini adalah perubahan besar dari sistem operasi sebelumnya yang menggunakan Skype. Fitur integrasi ini juga dilengkapi dengan tombol bisu universal yang dapat dengan mudah menonaktifkan mikrofon pada semua aplikasi.

Widget yang meluncur dari sisi kiri pada Windows 11 juga ditingkatkan fungsinya yang dapat dijadikan layer penuh. Pengguna juga dapat memberikan tip kepada pembuat konten widget lokal langsung dari dalam Windows 11nya. Widget bawaan pada Windows 11 sendiri tidak terlalu berbeda dengan widget pada Windows pendahulunya, yakni umpan berita, cuaca, dan peta.

Dalam Windows 11, pengguna juga diberikan fitur gesture control dari Microsoft yang dapat digunakan pengguna ketika tidak ingin menggunakan keyboard atau mouse, cukup gunakan pena stylus atau bahkan jari pada layer sentuh dan informasi yang ingin dimasukkan akan diproses dengan mudah. Pengguna juga dapat menggunakan input suara untuk mendikte teks dengan tanda baca otomatis.

Bagi Anda pencinta game, Windows 11 juga akan memasukkan fitur auto HDR yang merupakan fitur pada Xbox Series X/S. Fitur ini akan menambah rentang dinamis tinggi (HDR) ke sejumlah besar game DirectX 11 dan DirectX 12 selama didukung oleh monitor HDR yang kompatibel.

SUMBER: TEMPO

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI