Sukabumi Update

Situs Sekretariat Kabinet Diretas, Ada Pesan: Indonesia Sedang Tidak Baik-baik Saja

SUKABUMIUPDATE.com - Situs resmi Sekretariat Kabinet tampaknya mengalami peretasan Sabtu pagi ini, 31 Juli 2021. Tampilan sebelumnya memperlihatkan gambar siswa pendemo yang sempat viral dan tulisan panjang dari peretas Padang Blackchat | Anon Ilusion Team.

Peretas menuliskan, "Kekacauan di mana-mana, Indonesia sedang tidak baik-baik saja. Rakyat harus di rumah tanpa ada dispensasi dan kompensasi apapun. Rakyat Indonesia merasa stress dan depresi. Penguasa menikmati dunianya sendiri dengan gaji yang mengalir tiap hari. Di mana keadilan Pancasila."

photoTampilan situs Sekretariat Kabinet saat kena retas. - (setkab.go.id)

Sebelumnya website Setkab juga pernah mengalami peretasan pada Rabu, 24 Desember 2015. Peretas membuat website tersebut bergambar tengkorak dan terdengar musik disko. Padahal, website itu cukup sering diakses publik karena berisi artikel-artikel tentang kegiatan kepresidenan.‎

"Untuk mengatasi peretasan ini, telah dilakukan langkah menghilangkan gambar hasil peretasan sehingga tampilan setkab.go.id bisa kembali seperti semula," ujar Pramono Anung saat itu.

photoTampilan situs Sekretariat Kabinet pada Sabtu, 31 Juli 2021, pukul 10.39 WIB, usai tampilan hasil peretasan hilang. - (setkab.go.id)

Hal yang sama terjadi pada saat ini. Tampaknya Setkab juga sudah berhasil menghilangkan gambar peretasan, sehingga menampilkan tulisan bahwa situs tersebut tidak bisa diakses.

Sumber: Tempo

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI