Sukabumi Update

31 Tahun Lalu, Begini Sejarah Munculnya WWW atau WorldWideWeb

SUKABUMIUPDATE.com - Pada 13 November 1990, halaman WorldWideWeb atau WWW pertama kali diciptakan. Ketika itu, WWW merupakan satu-satunya cara untuk melihat web. Kini, setiap kali mengakses situs web di peramban browser, tiga huruf tersebut kerap muncul.

WWW berfungsi sebagai penyedia data dan informasi yang diperlukan oleh pengguna Internet. WWW dapat langsung menghubungkan pengguna Internet ke berbagai macam web server.

Dikutip dari scihi.org, WWW adalah program pertama yang bukan saja menggunakan FTP (File Transfer Protocol) namun juga HTTP (Hypertext Transfer Protocol) yang dikembangkan Tim Berners-Lee pada 1989. WorldWideWeb dapat menampilkan berkas HTML tanpa gambar yang tersimpan.

photoIlustrasi. - (Sky News)

Berners-Lee merupakan ilmuwan komputer kelahiran London, Inggris. Selepas lulus dari Oxford University, Berners-Lee bekerja sebagai teknisi perangkat lunak di CERN, laboratorium fisika di Geneva, Swiss.

CERN adalah salah satu institusi riset terbesar di dunia yang mempekerjakan ribuan ilmuwan dari berbagai negara dan melahirkan berbagai informasi atau karya ilmiah.

Dilansir dari historyofinformation.com, Berners-Lee pun menciptakan editor web dan peramban pertama "WorldWideWeb.app" serta server untuk menempatkan web. Lalu, pada 13 November 1990, atau 31 tahun lalu, halaman web http:nxoc01.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html mengudara di dunia maya.

SUMBER: TEMPO/M RIZQI AKBAR

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI