Sukabumi Update

Mengenal Ethical Hacking dan Tempat Belajarnya

SUKABUMIUPDATE.com - Ethical hacking cukup banyak diketahui di dunia digital saat ini. Hal tersebut dikarenakan Ethical hacking menjadi cara untuk mengetahui celah keamanan suatu sistem siber.

Ethical hacking kini banyak dipelajari para pecinta IT, pasalnya serangan siber di era digitalisasi saat ini kian merebak. Untuk mencegahnya, maka ethical hacking hadir sebagai alat ‘uji coba’ keamanan.

photo(Ilustrasi) Ethical Hacking. - (via avast.com)

Pada artikel kali ini, kamu akan mengetahui lebih dalam tentang ethical hacking beserta tempat untuk mempelajarinya.

Baca Juga :

Mengenal ethical hacking

Ethical hacking terdiri dari dua kata yakni ethical dan hacking. Ethical berarti legal, etis atau bersifat kebaikan. Sedangkan hacking merupakan kegiatan mengeksploitasi suatu sistem atau jaringan komputer untuk mengetahui celah keamanannya sehingga bisa bisa disusupi pihak asing.

Dari kedua pengertian tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa ethical hacking adalah kegiatan mengeksploitasi sistem atau jaringan dengan tujuan yang baik. 

Pada ethical hacking, peretas akan melakukan penetrasi dan eksploitasi pada sistem atau jaringan komputer sehingga ditemukan celah keamanan. Karena ini bersifat baik, maka peretas akan melaporkannya kepada pemilik sistem atau jaringan.

Biasanya para peretas yang melakukan ethical hacking termasuk ke dalam jenis hacker white hat.

Banyak perusahaan yang sengaja menyewa jasa peretas untuk mengetahui seberapa kuat keamanan sistem yang dimilikinya.

Tempat belajar ethical hacking

1. EC-Council 

EC-Council merupakan organisasi profesional yang memberikan sertifikat pada bidang keamanan siber. Jika kamu belajar hacking disini, kamu bisa sekaligus mengikuti ujian hacking yang bersertifikat profesional.

Materi pelajaran di EC-Council cukup lengkap, sehingga buat kamu yang penasaran dengan hacking bisa belajar disini.

2. Udemy

Udemy dikenal sebagai tempat kursus pemrograman yang sangat lengkap materinya. Udemy juga memiliki situs web serta channel youtube yang mudah di akses.

Dari sekian banyak tutorial, Udemy juga menyajikan pelajaran tentang ethical hacking. Kamu akan mendapatkan tutorial hacking serta pentesting.

Materi hacking utama di Udemy mencakup instalasi Kali Linux, serta penjelasan tentang Nmap, Tor dan lain-lain. Selain itu, kamu juga akan diajari cracking password, injeksi SQL hingga serangan DOS.

3. Hack This Site

Hack This Site menyediakan pelatihan hacking gratis. Platform ini akan menguji kemampuan hacking seseorang. Selain untuk menguji kemampuan hacking, website ini juga menjadi forum bagi orang-orang yang sedang belajar hacking.

Untuk meningkatkan kemampuan hacking, kamu akan diberikan berbagai tantangan. Situs ini menarik untuk dikunjungi.

4. Hackaday

Hackaday menyediakan berbagai materi dan tutorial hacking dengan cukup lengkap. Oleh karenanya situs ini menjadi salah satu yang paling direkomendasikan.

Sama seperti Break The Security, situs ini juga menyediakan berbagai berita terkait serangan siber serta penjelasan software dan hardware untuk melakukan hacking.

Editor : Aidil Fichri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI