Sukabumi Update

5 Distro Linux Cocok Untuk Pemula, Nomor 2 Mirip Windows

SUKABUMIUPDATE.com - Linux merupakan sistem operasi open source yang dapat digunakan secara gratis dan bebas di kustomisasi oleh penggunanya. Sistem operasi berlogo penguin ini memiliki beragam jenis distro, beberapa diantaranya sangat cocok digunakan untuk pemula.

Pemula yang dimaksud adalah pengguna PC yang baru saja pindah dari Windows dan ingin mencicipi sistem operasi Linux.

Seperti yang diketahui, Linux dikenal sebagai sistem operasi yang rumit. Namun nyatanya ada beberapa distro yang sangat user friendly bagi mantan pengguna Windows.

photoZorin OS. - (via blog.zorin.com)

Melansir itsfoss.com, berikut ini lima distro Linux yang sangat cocok digunakan untuk pemula yang baru pindah dari Windows:

Baca Juga :

1. Ubuntu

Ubuntu merupakan salah satu distro Linux paling populer di dunia. Distro linux ini dikenal memiliki kemudahan penggunanya. Bahkan beberapa produsen Laptop menjadikan Ubuntu sebagai sistem operasi default pengganti Windows.

Melansir itsfoss.com, sistem operasi turunan Debian ini menawarkan pengalaman pengguna yang baik serta dilengkapi software-software yang berfungsi untuk menunjang tugas ringan harian seperti office dan aplikasi edit foto.

Untuk kamu yang penasaran dengan sistem operasi, kamu bisa mendownload ISO nya di website resmi Ubuntu secara gratis.

2. Linux Mint

Linux Mint sejatinya memiliki banyak kemiripan dengan Ubuntu, namun terdapat modifikasi pada sistemnya sehingga penggunaannya lebih lancar dan ringan.

Ketika kamu pertama kali menggunakan Linux Mint kamu tidak akan merasa asing, sebab sistem operasi ini memiliki tampilan yang sangat mirip dengan Windows. Maka dari itu, Linux Mint sangat disarankan bagi pengguna yang beralih dari Windows. 

Linux Mint dibagi menjadi tiga environment yakni Xfce, Cinnamon dan MATE, namun tidak ada perbedaan jauh ketiganya. Selain itu, Linux Mint memiliki varian Debian based.

3. Zorin OS

Zorin OS merupakan distro Linux yang lebih muda ketimbang Ubuntu dan Linux Mint. Zorin OS memiliki tampilan yang menawan dan futuristik.

Zorin OS memiliki beberapa varian yakni Pro, Core dan Lite. Untuk versi Core dan Lite, pengguna bisa mendapatkan secara gratis. Sedangkan untuk versi Core, ada biaya yang harus dibayarkan karena terdapat fitur premium serta dukungan lebih ketimbang dua versi lain.

4. Elementary OS

Elementary OS sama seperti kebanyakan distro Linux lainnya yang merupakan turunan dari Ubuntu. Meski cocok digunakan untuk pemula yang baru hijrah dari Windows, sejatinya Elementary OS memiliki tampilan mirip Mac OS.

5. Linux Lite

Linux Lite merupakan salah satu distro Linux paling ringan dan cocok dipasang pada PC berspesifikasi rendah.

Ketika menginstal Linux Lite, pengguna sudah disediakan aplikasi bawaan yang memiliki konsumsi RAM rendah.

Editor : Aidil Fichri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI