Sukabumi Update

4 Tips Menjaga Keamanan Jejak Digital di Internet

SUKABUMIUPDATE.com - Saat kita menjelajah internet, sudah otomatis kita akan meninggalkan data di internet dan meninggalkan Jejak Digital.

Perlu diketahui, jika jejak digital tidak bisa hilang seketika begitu saja. Akan berbahaya jika sang pengguna memiliki rekam jejak yang dinilai merugikan diri sendiri saat menggunakan Internet.

Salah satunya seperti memasukan informasi yang sangat personal atau data-data yang kurang pantas dan dapat merugikan. 

Baca Juga :

Jejak digital yang tidak pantas tersebut dapat mempengaruhi keamanan dan reputasi pengguna dimasa depan.

Umumnya, perekrut kerja atau HRD di suatu institusi akan mencari jejak digital pengguna dan menelusurinya sebagai identifikasi awal proses rekrutmen.

Dilansir dari suara.com, menurut akun Instagram resmi Kemenkominfo, pengguna dapat menjaga jejak digital agar tetap aman dan bersih dengan tips berikut ini:photoIlustrasi Tips Menjaga Keamanan Jejak Digital di Internet - (iStock)

1. Jangan bagikan data pribadi seperti alamat, nama keluarga, rekening ATM, dan nomor telepon.

2. Jangan oversharing atau membagikan informasi pribadi di media sosial secara berlebihan. Pengguna disarankan untuk berpikir ulang sebelum memposting apa pun.

3. Cek nama pengguna di Google secara berkala dan segera hapus informasi sensitif.

4. Gunakan kata sandi yang unik dan berbeda untuk setiap akun media sosial.

Selain tips di atas, pengguna disarankan untuk menggunakan bahasa yang baik saat memposting sesuatu di media sosial sehingga tidak meninggalkan jejak digital yang kurang pantas.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI