Sukabumi Update

Musisi Diajak Wujudkan Kota Kreatif Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Menuju Kota Kreatif Sukabumi (Sukabumi Creative City), Ruang Ekspresi, Gedung Widaria Kencana (GWK) siang tadi kembali menggelar silaturahmi antara seniman dan komunitas musik Kota Sukabumi, Jumat (20/10). Silaturahmi kali ini sebagai bagian dari penguatan gagasan untuk menjadikan Kota Sukabumi sebagai Kota Kreatif dimasa yang akan datang.

Dalam paparannya, penggagas Kota Kreatif Sukabumi, Iskandar Mengatakan Jika Sukabumi tidak siap, maka Sukabumi akan tertinggal dalam pembangunan kedepan.

BACA JUGA: Kota Sukabumi Cocok Dijadikan Kota Kreatif

Iskandar menjelaskan, Sebagai Kota kecil yang tidak memiliki sumberdaya alam melimpah, tema yang sangat pas dengan Kota Sukabumi adalah sebagai Kota Kreatif Budaya.

" Kota kreatif itu harus mengintregrasikan semua kegiatan seni dalam satu wadah dimana pemerintah kota menjadi pimpinannya, serta syarat-syarat untuk menjadi sebuah Kota Kreatif seperti ketentuan Unesco kita penuhi satu persatu," Iskandar memaparkan.

BACA JUGA: Endo, Seni, Budaya, Bambu dan Penguatan ke Arah Kota Kreatif Sukabumi

Lebih jauh Iskandar menjelaskan," dari semua kegiatan seni dan budaya yang ada di Kota Sukabumi, hanya akan ada satu yang diangkat, namun semua pihak harus mendukung penuh seperti Kota Bandung, yang telah resmi menjadi Kota Kreatif versi Unesco. Meskipun bidang disain yang diangkatnya namun bidang yang lain turut terlibat, karena salah satu persyaratannya Kota Kreatif harus mampu mengsinergikan semua komponen yang dimiliki sebuah kota."

Iskandar pun mengajak semua komunitas dan seniman untuk bersama-sama mewujudkan gagasan ini," Kota kreatif mengajak kita bertindak secara lokal sesuai dengan kearifan budaya setempat namun mampu menghasilkan dampak secara global, saya ingatkan dimasa yang akan datang tidak akan ada kota yang bisa hidup dan berkembang tanpa memiliki kebudayaan yang kuat," pungkasnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI