Sukabumi Update

Peringati Hari Bumi, Komunitas Kaki Daun Lakukan Aksi Bersih-bersih Sungai

SUKABUMIUPDATE.com – Komunitas Kaki Daun binaan KODIM 0607 Sukabumi Kota menggelar bersih-bersih bantaran Telaga Saat Cikoneng , Cisarua, Ciliwung Bogor pada Minggu (22/4/2018) kemarin.

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati  Hari Bumi Sedunia (Earth Day) yang mengusung tema "Menjaga dan merawat Mata Air jangan sampai meninggalkan Air Mata untuk anak cucu kita" sekaligus pengukuhan  komunitas binaan  Kodim 0607 Sukabumi kota.

BACA JUGA: Kaki Daun Minta Pemkab Sukabumi Kaji Kembali Pembangunan Kawahratu

Ketua Komunitas Kaki Daun, Asep Saepul mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu bentuk sikap komunitas peduli lingkungan terhadap kurangnya respon dari korporasi yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Padahal banyak perusahaan yang mengeksploitasi air sebagai bahan baku utama ataupun penunjang dalam kegiatan usahanya, kurang memiliki kepedulian dalam menjaga sumber mata air yang ada di wilayah KOREM 061 SK khususnya Sukabumi," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Senin(23/4/2018).

BACA JUGA: Komunitas Kaki Daun Harap DPRD Panggil Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi

Oleh karena itu, dirinya berharap, adanya kesepahaman antara pemerintah daerah, pelaku usaha dan semua komunitas peduli lingkungan hidup dan duduk bersama untuk mencari solusi.

“Baik jangka pendek maupun jangka panjang dalam menjaga alam lingkungan, apalagi perusahaan berkewajiban mengembalikan minimal 2,5 persen  hasil dari keuntungan untuk alam dan lingkungan,” bebernya.

BACA JUGA: Seniman Bambu Sumringah, Produknya Bisa Jadi Penunjang Geopark Ciletuh Palabuhanratu

Asep menambahkan, dalam waktu dekat ini pihaknya  akan minta kepada DANDIM 0607 dan DANDIM 0622 untuk bisa memfasilitasi kegiatan bersama dalam menyikapi kondisi lingkungan hidup khususnya di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi .

“Jangan sampai menunggu murkanya alam ini dan meninggalkan air mata,” tegasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI