Sukabumi Update

Lomba Unik, Pemuda Cibatu Sukabumi Adu Ketajaman Golok

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan orang adu ketangkasan menggunakan golok dalam lomba Multy Cut Cibatu Cutting Competion yang digelar di Balai Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Minggu (29/4/2018).

Sesuai namanya, Cutting yang berarti pemotong maka peserta harus bisa menyelesaikan setiap tantangan. Tak hanya mengandalkan ketajaman golok, peserta harus konsentasi dan memiliki stamina prima.

BACA JUGA:  Anak Ustad Dibacok, Satreskrim Polres Sukabumi Kota Periksa Puluhan Remaja

"Peserta diuji dalam menggunakan golok dan ketajaman golok dengan obyek yang bermacam-macam seperti, memotong kayu, sedotan, tali tambang, kaleng, bola dan botol plastik," ujar Yoyop Supriandi (37 tahun) panitia chopping cut Cibatu.

Sementara, Kepala Desa Cibatu, Dodi Ridha Gumilar mengatakan, Pemerintah Desa (Pemdes) akan mendukung kegiatan lomba memotong ini karena menjadi sarana promosi industri pembuatan golok dan pisau yang menjadi khas Cibatu.

Peserta chopping cut Cibatu mencoba menyelesaikan tantangan. | Sumber: Saepul Ramdani

"Tentunya dengan adanya acara ini, sesuatu yang bermanfaat bagi perindustian Cibatu yang notabenenya pengrajin golok atau pandai besi, dan memperluas pemasaran hasil industri cibatu," ungkapnya.

BACA JUGA: Anak Ustad Dibacok Gerombolan Bermotor di Kota Sukabumi

Pemdes akan terus mengupayakan kegiatan ini secara rutin. Sebab lomba tersebut baru pertama kali ada di Sukabumi sehingga menjadi sebuah keunikan.

"kegiatan ini menjaga tradisi nenek moyang karena dari sejak jaman dulu Cibatu terkenal dengan industri goloknya yang bernama pandai besi," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI