Sukabumi Update

Angkut Lima Kubik Sampah di Sungai Cicatih Sukabumi, Apa Saja Isinya?

SUKABUMIUPDATE.com - Aksi bersih-bersih sungai Cicatih di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, berhasil mengangkut banyak sampah. Sedikitnya lima kubik sampah berhasil diangkut dari sungai dalam acara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) kerja bareng Kecamatan Cicurug dengan Aqua Golden Mississippi Mekarsari, Minggu(6/5/2018), bersama banyak elemen masyarakat Cicurug lainnya.

Sepanjang dua kilometer bantaran sungai Cicatih menjadi sasaran aksi bersih sampah ini. Forum Pemuda Peduli Lingkungan (Fordapil) yang ikut dalam aksi ini membeberkan bahwa sampah yang berhasil di angkat dari sungai Cicatih mencapai lima kubik.

BACA JUGA: Aqua dan Muspika Cicurug Bersihkan Sungai Cicatih Sukabumi

Terdiri daei berbagai jenis sampah sampah, limbah rumah tangga. "Rencananya sampah sampah ini akan dibuang ke TPA Ciangsana Cikembang," ujar Ketua Ketua Fordapil, Wawan Gunawan.

Sampah yang diambil dari sungai Cicatih sebagian besar adalah plastik dari limbah rumah tangga. Camat Cicurug, Agung Gunawan menegaskan bahwa perilaku buang sampah di sungai Cicatih harus segera dihentikan, karena mengancam lingkungan dan menganggu kesehatan.

BACA JUGA: Hari Bumi, Pecinta Lingkungan Sukabumi Tanam 10 Ribu Pohon

"Sampah itu sebenarnya memiliki nilai ekonomis apalagi sampah plastik, plastik itu tersebut bisa dikumpulkan, kalau satu-satu sih jelas tidak berharga tapi kalau sudah dikumpulkan kemudian bisa dijual itu kan punya nilai jual ekonomis," jelas Agung.

Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ini akan terus dilakukan dan memperluas jangkauan pemberdayaan. "Semua harus terlibat, tidak hanya masyarakat saja tetapi semua element terlibat, perusahaan, Pemerintah jelas terlibat, Kecamatan, Desa harus terlibat kaitan dengan kebersamaan gotong royong ini, bahkan salah satu media sukabumiupdate.com, pun terlibat mendukung kegiatan BBGRM," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI