Sukabumi Update

MWC NU Palabuhanratu Kalibrasi Arah Kiblat di Rumah Warga Hingga Mushola

SUKABUMIUPDATE.com - Satu hari menjelang ramadan, Majelis Wakil Cabang Nahdatul Ulama (MWC-NU) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, bersama Badan otonom Nahdlatul ulama mengelar sosialisasi kalibrasi arah kiblat, Rabu (16/5/2018).

Ketua Tanfidziyah MWC-NU Palabuhanratu KH Asep Saprudin mengatakan kegiatan tersebut dilakukan guna menentukan arah kiblat baik di mushola, majelis taklim dan rumah-rumah warga se-kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

"Menghadap Kiblat saat akan melakukan shalat bagi umat muslim merupakan salah satu syarat syah shalat, menghadap kiblat dalam shalat tidak cukup dengan perkiraan saja melainkan harus disertakan buktinya, tepat ke kiblat," ujar Asep Saprudin.

Kalibrasi arah kiblat oleh Majelis Wakil Cabang Nahdatul Ulama (MWC-NU) Palabuhanratu.| Sumber Foto: Nandi

Asep menambahkan kalibrasi arah kiblat ini sangat penting untuk disosialisasikan kepada para dewan Kemakmuran Masjid (DKM), masyarakat umum agar tidak ada lagi umat muslim saat akan shalat dirumah menghadap kiblatnya asal-asalan.

BACA JUGA: Pasokan Minim, Harga Cabai Merah Besar di Pasar Gudang Kota Sukabumi Naik

Sebab berdasarkan pengalamannya, ketika dilakukan pengecekan di dalam masjid maupun mushola di Kabupaten Sukabumi masih ada yang arah kiblatnya tidak tepat atau bergeser.

"Saat ini sudah 1.504 rumah warga dan mushola yang ada di Palabuhanratu sudah di kalibrasi. Alhamdulillah program kalibrasi arah kiblat ini mendapat respons positif baik dari masyarakat khususnya pak Maman Hidayat dari Kemenag Kabupaten Sukabumi, dan beliau akan membantu memberikan alat Kalibrasi Arah Kiblat untuk mempermudah Program ini," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI