Sukabumi Update

Ponpes Al Aman Cimanggu Sukabumi, Santri Ada yang Berasal dari Jateng

SUKABUMIUPDATE.com - Pondok pesantren (Ponpes) Al Aman yang berada di Kampung Cimanggu RT 19/07, Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu, merupakan salah satu ponpes yang mashur di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi.

Ponpes tersebut didirikan pada tahun 1954 oleh KH Muhammad Fudholi bin KH Ahmad Sanusi.

BACA JUGA:  Menengok Kegiatan Santri Ponpes Al-Amin Cicurug Sukabumi di Bulan Ramadan

Pimpinan ponpes KH Muhtar Fauzi menuturkan, mendapat wasiat dari Abah sapaan KH Muhammad Fudholi untuk melanjutkan mengurus dan mengelola ponpes tersebut.

Perkembangan ponpes Al Aman cukup pesat, saat ini mempunyai santri dan santriwati sebanyak 450 orang dan santri salafiyah sebanyak 150 orang.

"Para santri dari wilayah Kabupaten Sukabumi juga ada dari Jawa Tengah (Jateng), Banten, Bogor dan Depok, para santri selain mengaji di Ponpes juga ada yang sekolah formal Mts dan MA Al Aman, " kata Ketua MUI Kecamatan Cimanggu ini.

Muhtar menuturkan, selain menuntut ilmu agama, para santri diberi keahlian dalam seni kaligrafi dan seni membaca Alquran. Santri bisa memilih keahlian sesuai dengan bakat dan kemampuan.

BACA JUGA: Santri Al-Amin Cicurug Sukabumi Bersih-bersih Lingkungan Ponpes

"Untuk kegiatan Ramadan tahun ini mereka juga mengaji kilat tafsir, kajian tafsir, hadist, fiqih dan tauhid juga kuliah subuh dengan penceramahnya berbeda-beda jemaah yang hadir hampir 3.000 orang," ujarnya.

Ponpes juga menggelar pengajian umum pada hari minggu untuk bapak dan ibu setiap hari Kamis sedangkan pengajian untuk para kyai diadakan hari Rabu.

"Wasiat terakhir dari pendiri ponpres Al Aman tersebut untuk melanjutkan perjuangan mengurus umat dan menjaga Islam yang berpegang pada ahlussunnah wal jamaah," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI