Sukabumi Update

Umat Buddha Sukabumi Gelar Perayaan Tri Suci Waisak di Vihara Widhi Sakti

SUKABUMIUPDATE.com - Umat Buddha Sukabumi melaksanakan perayaan tri suci Waisak 2562 BE / 2018 di Vihara Widhi Sakti Kota Sukabumi. Setiap tahun, Vihara Widhi Sakti ini menjadi tempat puja bakti umat Buddha untuk menyambut dan merayakan Hari Raya Waisak.

Pengurus Vihara Widhi Sakti Arifin mengatakan, perayaan tri suci Waisak ini terasa istimewa. Sebab, acara ini digelar di tengah umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan.

"Perayaan Hari Waisak tahun ini dilengkapi dengan ibadah Ramadan umat islam. Oleh sebab itu, para jamaah umat Buddha melaksanakan kebaktian di malam hari dan siang harinya mayoritas mereka berdagang mempersiapkan hidangan makanan untuk berbuka puasa umat islam," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (29/5/2018) malam.

Puja bakti perayaan tri suci Waisak tahun ini, kata Arifin, diusung dengan tema 'Harmoni Dalam Kebhinekaan Untuk Bangsa'.

BACA JUGA:  Cerita Emang Warga Desa Karawang Sukabumi 12 Tahun Ajukan Perbaikan Rumah Tanpa Hasil

"Biasanya kami lakukan ibadah kebaktian, Waisak tahun ini dilakukan pukul 19.00 WIB mengingat banyak umat buddha yang melakukan kegiatan di siang harinya," ucapnya.

Dalam perayaan Hari Waisak, umat Buddha melakukan ritual penyemayaman api dharma atau api abadi.

"Ritual diawali dengan puja bakti (doa bersama), lalu dilakukanya pembacaan KongCo Keng, selanjutnya puja bakti dan Meditasi," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI