Sukabumi Update

Kemeriahan 17-an Ala Cibolang Sukabumi, Pendekar Hingga Pasukan Berkuda Ikut Upacara

SUKABUMIUPDATE.com - HUT ke 73 RI dimeriahkan dengan beragam kegiatan yang digelar diberbagai daerah, Jumat (17/8/2018). Demikian halnya dengan warga Kampung Cibolang, Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, memperingati hari kemerdekaan yang akrab disebut 17-an dengan kegiatan kreatif dan menghibur.

Kegiatan diawali dengan upacara bendera di lapangan kampung, yang membuat menarik adalah busana yang digunakan para peserta upacara. Ada yang memakai pakaian pejuang kemerdekaan, pendekar hingga pasukan berkuda . Tak ketinggalan,mereka dilengkapi dengan atribut yang juga unik. Sedangkan para ibu memakai setelan kebaya. Anak-anak juga tak mau kalah dengan berpakaian yang menarik perhatian.

Usai upacara warga melanjutkan kegiatan dengan pawai keliling kampung sambil meneriakan merdeka, merdeka!

Acara belum berakhir, usai upacara dan pawai kemeriahan berlanjut dengan perlombaan dari lomba joget, balap karung dan beragam lomba lainnya.

"Kegiatan ini sudah rutin digelar warga setiap tahun mulai dari 2012. Tujuan utamanya untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan. Selain itu sebagai sarana silaturahmi warga karena dengan kegiatan ini kekompakan warga semakin kuat. Untuk kostum dipersilahkan sekreatif mungkin," ujar Pengarah Acara 17-an Kampung Cibolang, Ade Hidayatulloh.

BACA JUGA: Wajah Paskibraka HUT RI ke 73 di Kabupaten Sukabumi

Menurut Ade, rangkaian acara berlanjut hingga Senin (20/8/2018) diakhiri dengan tabligh akbar.

"Diharapkan melalui acara ini mampu meningkatkan semangat mengisi kemerdekaan," ujarnya.

Usai upacara warga melanjutkan pawai. (Foto: Andri S).

Ketua panitia, Yusuf Saepulloh mengungkapkan, antusiasme warga memperingati HUT ke 73 RI begitu besar. Terlihat dari warga yang berbondong-bondong ikut pawai dan berpartisipasi dengan memakai busana unik.

"Ini merupakan wujud semangat mengisi kemerdekaan warga Cibolang. Dan setiap tahun kegiatan ini semakin bertambah meriah," tukasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI