Sukabumi Update

Sumpah Pemuda dengan Donor Darah di Ciambar Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Peringatan hari Sumpah Pemuda diisi kegiatan berbeda di setiap daerah, Minggu (28/10/2018). Seperti, donor darah yang digelar pemuda Kampung Warunggombong RT 04/09, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi.

Selain donor darah, digelar juga kegiatan pengobatan gratis. Seluruh kegiatan yang dipusatkan di kantor Desa Cibunarjaya ini bekerjasama dengan tim kesehatan Puskemas Ciambar dan PMI Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Sumpah Pemuda dan Hari Jadi Pemuda Pancasila, PAC PP Ciracap Sukabumi Gelar Turnamen Voli

Ketua panitia Indra Wijaya (37 tahun) mengungkapkan, peserta donor darah sebanyak 168 orang dan pengobatan gratis mencapai 100 orang. Menurut dia, peserta donor darah bukan hanya dari Kecamatan Ciambar tapi ada juga dari Kecamatan Parungkuda. Acara ini digelar sebagai tindakan nyata bahwa Hari Sumpah Pemuda harus memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat.

"Peserta donor darah mencapai 168 orang. Hanya saja yang masuk kriteria hanya 86 kantong.  Tidak masuk kriteria karena tensinya masih rendah," ujar Indra yang akrab disapa Ipis ini.

BACA JUGA: Yon Armed 13 Nanggala Sukabumi Gelar Donor Darah untuk Korban Bencana Palu dan Donggala

Indra mengungkapkan, total anggaran kegiatan ini sebesar Rp 19 juta yang murni bersumber dari donatur warga dan beberapa perusahaan di daerah Ciambar. Agar menarik peserta, acara dimeriahkan hiburan musik, pentas seni kabaret serta pengundian door prize yang hadiahnya berupa alat-alat rumah tangga.

"Harapan kami dari panitia di tahun depan acara akan lebih meriah lagi dengan target peserta 500 orang dan pengobatan gratis 300 orang. Dan banyak lagi pemuda sadar dengan adanya kegiatan ini, sedekah bukan berupa uang saja tapi dengan darah juga bisa membantu kemanusian," ujarnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI