Sukabumi Update

Kaulinan Budak Baheula Hibur Penanaman Pohon di Lengkong Sukabumi 

 SUKABUMIUPDATE.com - Kegiatan penanaman 1000 pohon buah bagi Owa Jawa di Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (23/3/2019) dimeriahkan dengan hiburan dari Komunitas Icikibung Pajampangan.

BACA JUGA: Tanam 1.000 Benih Pohon Buah untuk Owa Jawa di Lengkong Sukabumi

Komunitas Icikibung adalah komunitas yang memunculkan kembali permainan khas daerah tempo dulu yang saat ini sudah hampir punah. Permainan atau kaulinan ini terdiri dari dua jenis permainan, yaitu tanding dan kariyaan. 

"Jenis kaulinan tanding itu maksudnya gim pertandingan, sedangkan kariyaan itu maksudnya gim keceriaan atau lebih ke ungkapan keceriaan anak-anak dahulu, khususnya anak-anak di pedesaan," jelas salah seorang anggota Komunitas Icikibung, Rian Hidayatullah kepada sukabumiupdate.com, disela-sela kaulinan.

Rian mengaku sangat resah melihat kondisi anak-anak saat ini yang sudah hampir ketergantungan pada gadget atau gawai dan meninggalkan permainan masa lalu.

BACA JUGA: Lestarikan Habitat Owa Jawa di Lengkong Sukabumi

Untuk semakin menstimulan, beberapa jenis alat permainan juga diperkenalkan dalam acara ini, seperti engrang awi, engrang batok, congklak, damdaman, sapintrong dan gatrik. 

"Ada juga beberapa permainan tanpa alat, seperti oray-orayan, jajampanaan, switen, kakacangan, ucing sumput dan banyak lagi. Kami senang, karena antusias anak-anak masih sangat tinggi dengan permainan tempo dulu ini. Semoga mereka tidak melupakan permainan ini dan tetap melestarikannya," pungkas Rian.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI