Sukabumi Update

Kokok Ayam Ketawa Ini Mirip Musik Disco, Bersama Komunitas Paksi

SUKABUMIUPDATE.com - Komunitas Penggemar Ayam Ketawa Sukabumi (Paksi) curi perhatian pengunjung Alun-alun Digital Sukabumi. Pasalnya komunitas ini membawa ayam dengan macam-macam suara. Bahkan bunyi kokokannya ada yang menyerupai bunyi ketawa manusia.

Ketua Umum Paksi, Dwiyana mengatakan, komunitasnya merupakan sekumpulan orang yang gemar mengoleksi ayam. Namun tidak hanya sekedar ayam biasa pada umumnya, ayam ini memilki keunikan lain yaitu suara kokokannya.

"Kami menggemari suara-suara ayam, apalagi suara ayamnya itu mirip dengan ketawanya manusia, makanya komunitas kami pun diberi nama komunitas penggemar ayam ketawa," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Minggu (7/4/2019).

BACA JUGA: Komunitas Penggiat Literasi Sukabumi, Mengajak Milenial Tingkatkan Minat Baca

Menurut Dwiyana, ayam yang berasal dari Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan tersebut, tidak hanya mirip dengan suara manusia ketawa manusia, tetapi juga suara-suara yang bervareasi.

"Ada beberapa tipe suara yang dihasilkan oleh ayam-ayam itu, ada suara jenis disco, gretek, dangdut, dan slow," jelasnya.

Dwiyana mengaku, komunitas yang telah berdiri sejak 2013 ini beberapa kali mengikuti perlombaan atau kontes ayam.

"Terakhir Kontes Ayam Ketawa Nasional di Jakarta Maret lalu, rencananya 20 April ini kami akan kembali mengikuti Kontes Ayam Ketawa Nasional di Surabaya," katanya.

Meskipun Komunitas Paksi sudah berdiri sejak 2013 lalu, lanjut Dwiyana anggotanya belum terlalu banyak. Pasalanya ia menilai belum banyak yang tahu.

"Jika ingin gabung besama kami silahkan datang saja ke sini (Alun-alun Digital Sukabumi, red). Kita bisa sharing informasi silaturahmi dan melatih ayam," pungkasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI