Sukabumi Update

Warga Jampangkulon Sukabumi Sumbangkan 30 Kantong Darah Buat Lebaran

SUKABUMIUPDATE.com - Penghujung bulan suci Ramadan, warga wilayah VI Jampankulon, Kabupaten Sukabumi, melakukan bakti sosial berupa donor darah di Masjid Al Jalil Kecamatan Surade.

BACA JUGA: Misi Kemanusian Anggota PMI Kabupaten Sukabumi di Banten, Ibu dan Anak Tewas Ayah Selamat

Ketua ranting PMI Kecamatan Surade, sekaligus kepala UPTD Puskesmas Surade, Solitaire E. F Ram Mozes, mengatakan, kegiatan donor darah yang dilaksanakan pada Senin (3/6/2019) tersebut sesuai dengan arahan Bupati Sukabumi.

"Target untuk Kabupaten Sukabumi dari 47 kecamatan sebanyak 1000 kantong darah perbulan," katanya kepada sukabumiupdate.com.

Peserta yang daftar untuk donor darah, kata Solitare, sebanyak 42 orang dari berbagai kalangan, Koramil Jampangkulon, beberapa desa di Kecamatan Surade, UPTD Pertanian, Puskesmas Surade, Puskesmas Ciracap, Puskesmas Jampangkulon, RSUD Jampangkulon.

"Ini kerjasama PMI ranting Kecamatan Surade dan PMI Kabupaten Sukabumi dan dibantu oleh PMR SMAN 1 Surade, "ungkapnya.

Dari 42 yang daftar, lanjut Solitaire, hanya 30 orang yang bisa donor, selebihnya mereka tidak bisa diambil darahnya, karena HB nya kurang, berat badan kurang, usia melebihi usia layak donor, tensi darah kurang atau terlalu tinggi, "Untuk bisa donor usia maksimal 65 tahun, jadi kemarin sebanyak 30 kantong, " tuturnya.

BACA JUGA: Bupati Sukabumi Ingin Gratiskan Darah? Ini Jawaban Humas UTD PMI

Lanjut Solitare, ini merupakan kegiatan perdana pengurus PMI ranting Kecamatan Surade yang baru, dan akan menjadi agenda rutin tiap bulan untuk melaksanakan baksos.

"Apalagi mengingat sekarang ini kebutuhan darah di Kabupaten Sukabumi selama bulan suci Ramadan dan libur panjang sangat menipis, sedangkan kebutuhan begitu mendesak," pungkasnya.

 

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI