Sukabumi Update

Mak Asih dan Mak Rumnah dari Jampang Tengah Akhirnya Dapat Bantuan

SUKABUMIUPDATE.com - Mak Asih (70 tahun) dan Mak Rumnah (101 tahun), ibu dan anak yang sama-sama berstatus janda, tinggal berdua di gubuk reyot berukuran 3x5 meter persegi di Kampung Cihaur RT 04/11, Desa Tanjungsari, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi. Sudah sempit, rumah tersebut bahkan nyaris ambruk.

BACA JUGA: Mak Asih dan Mak Rumnah, Kisah Lansia Miskin Gubuk Reyot dan PKH di Jampang Tengah

Rupanya, berita tentang kondisi Mak Asih dan Mak Rumnah di sukabumiupdate.com pada Sabtu (13/7/2019) lalu, memantik berbagai komunitas untuk turut membantu keduanya. Mak Asih dan Mak Rumnah didatangi para Relawan Dhuafa Sukabumi (RDS) dan Aksi Sosial Cicurug (ASC), Sabtu (20/7/2019).

"Berawal dari pemberitaan sukabumiupdate.com, terkait dengan kondisi Mak Asih dan Mak Rumnah, maka kami dari RDS membuka donasi untuk beliau dan allhamdulillah berhasil memberikan pakaian, tongkat ketiak untuk membantu Mak Asih berjalan dan ada uang tunai," kata Ketua RDS, Dadan kepada sukabumiupdate.com.

Mak Asih (70 tahun) dan Mak Rumnah (101 tahun), saat menerima bantuan, Sabtu (20/7/2019). | Sumber Foto: Ruslan AG

Senada dikatakan salah satu perwakilan dari ASC, Hamdan. Ia juga mengaku baru mengetahui kondisi Mak Asih dan Mak Rumnah membaca pemberitaan dari sukabumiupdate.com.

"Kami baca, lalu kami putuskan untuk memberikan bantuan. Donasi yang kami berikan berupa baju, selimut dan uang tunai. Semoga apa yang ASC sumbangka bisa bermanfaat," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Mak Asih dan Mak Rumnah tak jarang harus mengungsi ke rumah saudara terdekat saat hujan tiba. Selain bocor, mereka kerap khawatir rumah tersebut tiba-tiba roboh.

Keseharian kedua lansia ini juga cukup mengkhawatirkan. Untuk makan sehari-hari saja sangat tergantung dari belas kasih, keluarga, kerabat dan tetangga dekat.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI