Sukabumi Update

Perguruan Pencak Silat dari Berbagai Daerah Kumpul di Palabuhanratu, Ada Apa? 

SUKABUMIUPDATE.com - Penampilan pencak silat menyemarakan acara Milangkala atau ulang tahun ke 1 Paguyuban Padjadjaran Anyar Palabuhanratu di Jalan Siliwangi nomor 157 tepatnya di Kampung Pelita RT 01/018, Kelularah Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/7/2019).

Dengan mengangkat tema 'Ngadeukeutken Dulur Anu Jauh ngarakeutken Dulur Anu Deukeut' kegiatan yang akan dilaksanakan selama dua hari yakni 27- 28 Juli 2019 ini dihadiri ratusan peserta dari berbagai perguruan yang ada Kabupaten Sukabumi dan luar Kabupaten.

BACA JUGA: Padepokan Putra Buana Cicantayan Sukabumi, Merawat dan Melestarikan Pencak Silat

"Kita ingin terus ngamumule (memelihara) budaya kesundaan ini yang mana ini baru pertama adanya paguyuban anyar ini dihadiri beberapa perguruan dari beberapa Kabupaten dan kota," ujar Firman Hidayat Ketua umum Paguyuban Padjadjaran Anyar.

Menurut dia, inti dari kegiatan ini adalah menggelorakan budaya sunda agar semakin dikenal baik di Kabupaten Sukabumi maupun di kancah international dan menjadi ciri khas. Menurut dia, seni bela diri sunda pencak silat yang merupakan bagian dari seni dan budaya sunda ini harus dilestarikan.

Sebanyak 18 perguruan dari berbagai paguyuban yang berasal dari Garut, Bogor, Sumedang, Sukabumi, Purwakarta, Cianjur, Banten hadir dan menampilkan berbagai seni budaya seperti pencak silat, debus, tari batik Gurilaps, kacapi suling dan lainnya.

"Mudah mudahan kedepan masyarakat Sunda sendiri lebih mencintai budayanya dan pemerintah daerah melalui dinas terkait lebih peka dalam memperhatikan dan seni budaya Sunda," tandasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI