Sukabumi Update

Garuda Raksasa dari Kantong Semen, Kreasi Pemuda Parungkuda di HUT RI 74

SUKABUMIUPDATE.com - Kreatifitas para pemuda ini patut ditiru. Mereka adalah pemuda asal Kampung Cipanggulaan, Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, yang tergabung dalam Komunitas Bank Sampa Karya Muda Cipanggulaan 07 atau biasa disingkat KMC 07.

BACA JUGA: Kemeriahan Pawai Obor Jelang Hari Kemerdekaan di Kota dan Kabupaten Sukabumi

Di tangan mereka, kantong semen bekas disulap menjadi sebuah karya berbentuk burung garuda raksasa lengkap dengan simbol Pancasila. Kreasi itu mereka beri nama Garuda Muda. Rencananya, Garuda Muda akan ikut serta dalam karnaval HUT RI ke-74 tingkat Kecamatan Parungkuda pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

Ketua Pemuda, Panji Anhar (19 tahun) mengatakan, Garuda Muda akan ada di barisan terdepan karnaval, yang akan berkeliling dari Desa Pondokkaso Landeuh menuju Lapang Babakan Peundeuy Parungkuda.

"Butuh waktu sekitar tiga minggu untuk membuat Garuda Muda, karena sempat kesulitan untuk membuat kepalanya. Garuda Muda ini tingginya tiga meter dan bentangan sayapnya mencapai lima meter," kata Panji kepada sukabumiupdate.com, Jumat (16/8/2019).

BACA JUGA: Mulai Agustusan, Emak-emak Adu Gocek di Lapang Purwabakti Ciracap

Masih kata Panji, pembuatan Garuda Muda menghabiskan biaya sekitar Rp 1,5 juta. Uang untuk membuat Garuda Muda didapat dari donatur warga dan para pemuda. Adapun bahan-bahan yang digunakan adalah bambu, kantong semen bekas, koran dan lem.

"Sebelum pengerjaan, kami lakukan briefing untuk pembagian tugas. Ada yang membuat rangka, gambar dan pengecatan. Yang paling sulit pembuatan bagian kepala. Ini inisiatif para pemuda untuk Indonesia di Hari Kemerdekaan yang ke-74," tandas Panji.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI