Sukabumi Update

Tanam Terumbu Karang Sambil Kirbarkan Merah Putih di Bawah Laut Cikepuh

SUKABUMIUPDATE.com - Merayakan HUT RI 74, para pecinta dan pelestari alam ini melakukan aksi penanaman terumbu karang, penanaman mangrove dan pengibaran bendera merah putih di dasar laut.

BACA JUGA: Perairan Ujunggenteng Ditanami Terumbu Karang

Mereka terdiri dari Kelompok Masyarakat (Pokmaswas) Genteng Nusantara, Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Balawista Kompepar, SMK Al Muhajirin Cikangkung, Komunitas Black Ghost dan Komunitas Distro Cimahi Bandung.

Aksi dilakukan di Pantai Cikepuh, salah satu spot favorit kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Pantai Cikepuh senidiri masuk wilayah Desa Gunungbatu Kecamatan Ciracap dan Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas.

Penanaman terumbu karang, mangrove dan pengibaran bendera di Pantai Cikepuh, kawasan Geoprak Ciletuh Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto: Ragil Gilang

"Ada 200 terumbu karang yang ditanam di dasar laut. Kemudian ada 200 tanaman mangrove yang ditanam di pesisir pantai," kata Kepala Program Kompepar Kabupaten Sukabumi, Lili Mulyana kepada sukabumiupdate.com, Minggu (18/8/2019).

Masih kata Lili, kurang lebih peserta yang terlibat ada 10 orang dari berbagai komunitas. Seluruh peserta berangkat pada Jumat (16/8/2019) dari Pantai Ujung Genteng menuju Pantai Cikepuh dengan memakan waktu dua jam perjalanan.

BACA JUGA: Snorkeling, Mengunjungi Kebun 15 Ribu Terumbu Karang di Pantai Mandrajaya Sukabumi

"Di lokasi, kami menginap dan paginya baru aksi penanaman terumbu karang. Kemudian, pada detik-detik proklamasi, dua penyelam, Nana Septiansyah dan Jhonas Akuino mengibarkan bendera merah putih di kedalaman 10-15 meter," pungkasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI