Sukabumi Update

Upaya Pemuda Kampung Warudoyong Sagaranten Lestarikan Seni Kendang Penca 

SUKABUMIUPDATE.com - Para pemuda Kampung Warudoyong RT 15/05, Desa Margaluyu, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, merasa prihatin dengan minimnya ketertarikan anak muda terhadap seni budaya sunda. Oleh karena itu, mereka berinisiatif menggelar pertunjukan kendang penca dalam acara memeriahkan HUT ke-74 RI, Minggu (25/8/2019).

Acara ini merupakan acara tahunan yang biasa dilakukan di Kampung Warudoyong ini. Setiap tahunnya juga selalu ditampilkan acara kesenian tradisional dengan tujuan mempertahankan budaya sunda.

BACA JUGA: Padepokan Putra Buana Cicantayan Sukabumi, Merawat dan Melestarikan Pencak Silat

"Tujuan dari acara ini yaitu membangunkan semangat pemuda khususnya di Kampung Warudoyong untuk mencintai kesenian sunda," Kata H Engkus ketua pelaksana acara HUT ke-74 RI Kampung Warudoyong, kepada sukabumiupdate.com.

Engkus menyatakan kegiatan dilaksanakan mulai dari pukul 15.00 WIB hingga tengah malam. Banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan namun penampilan kendang pencak adalah penampilan puncak.

"Kami berharap kegiatan ini disamping menjadi ajang melestarikan kearifan budaya lokal agar kegiatan-kegiatan budaya seperti ini tidak hilang. Kedepannya kami berharap kegiatan ini akan semakin meriah lagi," pungkas Engkus.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI