Sukabumi Update

Hadapi Tantangan Zaman, Pemuda Gunungpuyuh Digembleng Miliki Multiplier Effect

SUKABUMIUDPATE.com - Sebanyak 50 pemuda Karang Taruna Kelurahan Gunungpuyuh, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), di Aku Cantik Villa Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kamis (29/8/2019).

Camat Gunungpuyuh Fajar Rajasa mengungkapkan, latihan dasar kepemimpinan ini merupakan terobosan dan inovasi yang bagus untuk memberikan efek konsolidasi kepada pemuda.

Foto Bersama Puluhan pemuda Karang Taruna Kelurahan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi saat mengikuti LDK di Aku Cantik Villa Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kamis (29/8/2019).

"Artinya kita mencoba konsolidasikan para pemuda ini, kemudian nanti kita bisa berdayakan dalam suatu wadah organisasi atau apapun itu bentuknya," kata Fajar kepada sukabumiupdate.com usai membuka LDK.

Tetapi yang pasti, dalam kegiatan ini kata Fajar memiliki keinginan memberikan multiplier effect khususnya bagi para pemuda itu sendiri. Apalagi tantangan pemuda di era millenial ini sangat luar biasa. Dampak globalisasi, arus informasi, yang sangat cepat, kemudian juga bahaya narkoba, efek pergaulan bebas dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Komunitas Sapu Lidi Sukabumi Raih Penghargaan, Begini Asal-usulnya

"Termasuk kesempatan yang dimiliki oleh pemuda dan ini harus dibuka kembali keran-keran kesempatan itu, khususnya kepemudaan. Saya mempunyai keyakinan, pemuda itu punya semangat yang fresh sehingga jika diberikan tanggung jawab para pemuda akan bekerja dengan baik," tuturnya.

Fajar berpesan agar pemuda jangan khawatir atau merasa pesimis, karena para pemuda sangat dibutuhkan dalam semua bidang pembangunan.

"Jadi tetaplah optimis, bantu apa yang bisa kalian bantu, buat apa yang kalian bisa buat selama itu positif. Insya Allah kami akan bantu dan mengerahkan sumber daya yang ada," tandasnya.

BACA JUGA: Pesan Achmad Fahmi di Anniversary Komunitas Nmax-Xmax Riders Sukabumi

Sementara itu Lurah Gunungpuyuh, Tri Hastuti berharap dengan adanya kegiatan leadership camping ini, sesuai dengan tema membangun karakter pemimpin yang berjiwa sosial dan santun menuju Sukabumi yang religius nyaman dan sejahtera.

"Kami ingin mengembalikan pemuda ke fitrahnya yang sejatinya menebar kebaikan dan manfaat untuk masyarakat. Apalagi tidak sedikit pemuda saat ini lebih memilih gaya hidup yang hedon dan apatis, termasuk cenderung bersahabat dengan Gadgetnya," kata Tri.

Selain itu, terkadang ada beberapa pemuda yang cerdas tetapi melupakan ada attitude yang harus dijaga. Lanjut Tri di kepemudaan Kelurahan Gunungpuyuh sendiri banyak potensi, namun masih terpecah di setiap unit.

"Mudah-mudahan dengan leadership camping ini para pemuda Gunungpuyuh dapat berbaur, bertukar pikiran, dan berembuk seperti apa Karang Taruna kedepan, karena pemuda itu bukan untuk difungsikan tetapi peran aktif dan memiliki visi misi, potensi, berani serta kerja nyata," tandasnya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI