Sukabumi Update

Baksos Korek Mas di Ciemas Sukabumi, Periksa Gula Darah hingga Pengobatan Mata

SUKABUMIUPDATE.com - Kelompok Relawan Kesehatan Masyarakat (Korek Mas) menggelar bakti sosial (Baksos) berupa pemeriksaan dan pengobatan mata gratis. Baksos dilaksanakan di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu (20/10/2019).

Ketua Korek Mas, Iwan Sopiyan menjelaskan, bahwa kegiatan berlangsung dua hari Sabtu dan Minggu (19-20 Oktober). Warga yang datang dari Desa Mandrajaya, Desa Tamanjaya, Desa Mekarsakti, dan Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas. Adapun tim medis dari Rumah Sakit Islam Assyifa Sukabumi.

BACA JUGA: TNI AU Berikan Pengobatan Gratis Warga Pesisir Pantai Ujunggenteng Sukabumi

"Mereka melayani pemeriksaan gula darah, tensi dan pemeriksaan mata. Untuk warga yang terindikasi mata katarak yang dinyatakan dari hasil pemeriksaan sehingga membutuhkan tindakan akan difasilitasi (pengobatan) oleh LSM Korek Mas," kata Iwan.

Foto bersama Kelompok Relawan Kesehatan Masyarakat (Korek Mas)

Sementara itu, Dewan Pembina Korek Mas Andri Hidayana, mengatakan sebanyak 500 orang dilayani dalam kegiatan ini. Dari data sementara ada 120 lebih warga yang positif katarak.

BACA JUGA: Baksos Puskesmas Pajampangan Sukabumi, Berikan Pengobatan Gratis

"Nantinya tim relawan Korek Mas akan memberikan pendampingan bagi warga yang akan melanjutkan pengobatan. Tindaklanjutnya diperiksa ke rumah sakit yang ada di Sukabumi, seperti RSI Assyifa, RSUD Syamsudin, RSUD Sekarwangi, RS Betha Medika dan RS Kartika," ujarnya.

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengatakan bahwa aktivitas sosial LSM Korek Mas sudah dari tahun 2013. Selama itu Korek Mas banyak mendampingi warga tidak mampu yang mengadapi persoalan pengobatan.

"Seperti kegiatan ini, merupakan bentuk pengabdian terhadap warga yang sangat memerlukan bantuan. Kami tegaskan pula, bahwa baksos tersebut murni inisiatif dari Korek Mas tanpa ada muatan politik, baik Pilkades maupun Pilkada," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI