Sukabumi Update

Hutan dan Lahan Rusak, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Tanam 20 Ribu Bibit Pohon

SUKABUMIUPDATE.com - Peduli lingkungan hijau, Komandan Distrik Militer (Kodim) 0622/ Kabupaten Sukabumi tanam 20 ribu bibit pohon berbagai jenis, di lahan milik perhutani dan masyarakat di kampung Cikadaka, Desa Sukamaju, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi.  

BACA JUGA: Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Diganti

Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Letkol Arm Suyikno mengatakan, kegiatan ini merupakan pembinaan teritorial terpadu tahun 2019 dengan memberdayakan wilayah pertahanan, guna memantapkan ruang, alat kondisi juang yang tangguh. Salah satunya dengan penanaman pohon yang difungsikan sebagai upaya penampung cadangan air.

"Kita menyadari bahwa hutan berperan sebagai penyangga kehidupan, sekaligus menyediakan hasil hutan bukan kayu, kebutuhan pangan, ketersediaan air, sumber energi dan jasa lingkungan lainnya. Termasuk penghasil oksigen, rekreasi dan konservasi keanekaragaman hayati, makanya kita beserta jajaran dan unsur pemeritah daerah lakukan penanaman pohon ini," ujarnya.

Menurut Suyikno, tidak di pungkiri saat ini keberadaan hutan khususnya di Kabupaten Sukabumi kurang terkendali. Semua dihadapkan pada kenyataan bahwa lingkungan hidup telah rusak, ditambah musim kemarau yang masih terjadi membuat lahan disekitar banyak terlihat gersang dan banyak hutan rusak. Hal itu sambung dia dikhawatirkan pada saat musim hujan nanti akan mengalami bencana banjir.

BACA JUGA: Pesan Dandim Kota dan Kabupaten Sukabumi pada HUT TNI ke-74

"Seperti kita tahu di kota lain bencana banjir bandang dan longsor telah banyak merenggut korban jiwa, oleh karena itu kita harus segera merehabilitasi kawasan hutan serta lahan yang rusak. Kemudian mengkonservasi hutan yang masih baik serta penebangan liar harus dihentikan," imbuhnya.

Sambung Suyikno sumberdaya hutan merupakan bagian tidak terpisahkan dari pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, dan pembangunan budaya bangsa Indonesia. Ia berharap, melalui penanaman pohon itu seluruh komponen masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif dalam mewujudkan hutan dan lingkungan alam yang baik serta lestari.

"Semoga penanaman pohon ini mampu memberikan motivasi dan pemahaman terhadap kelestarian hutan dan lingkungannya, sehingga bermanfaat bagi kita semua dan di masa yang akan datang," tandasnya. 

Adapun bibit pohon yang ditanam, diantaranya pohon Sirsak, Sengon, Ketapang, Mahoni, Pucuk Merah, Suren dan Trambesi. 

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI