Sukabumi Update

Ada 136 Situ di Kabupaten Sukabumi, 13 Juta Benih Ikan Siap Dirilis

SUKABUMIUPDATE.com - Ribuan benih ikan nilem dilepas di wisata alam Situ Endah Kampung Cekdam, Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, Minggu (22/12/2019). Selain pelepasan benih ribuan ikan, juga dilakukan penanaman 1000 pohon.

Giat itu diprakarsai anggota Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan. Pria yang akrab disapa Hergun itu menyebut ada 136 situ yang ada di Sukabumi. Ia mengaku akan menebar benih ikan di 136 situ tersebut dengan menyiapkan 13 juta benih ikan. Dan aksi di Situ Endah Cekdam Waluran Mandiri adalah lokasi pertama yang dipilih.

BACA JUGA: Isi Liburan dengan Keliling Situ Endah Cekdam Waluran Mandiri Sukabumi

"Benih ikan kami ambil dari Balai Benih Ikan Air Tawar melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Selain ikan nilem, ada juga ikan patin. Tetapi di Situ Endah ini baru benih ikan nilem dulu," ujar Hergun kepada sukabumiupdate.com, disela-sela kegiatan.

Kemudian, lanjutnya, area sekitar Situ Endah Cekdam Waluran Mandiri juga mulai ditanami bibit pohon produktif yang hasil alamnya bisa dikonsumsi, seperti durian, sukun dan petai. Bibit-bibit pohon ia dapat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

BACA JUGA: Mancing Sambil Ngabuburit di Situ Endah Cekdam Waluran Sukabumi

"Harapan ke depan, kalau ini semua bisa menghasilkan, situ tersebut akan terlihat asri dan rindang sehingga akan menjadi sebuah destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Kemudian dengan banyak ikan otomatis banyak pemancing. Nah diharapkan mereka yang suka memancing ikan akan ikut merawat juga. Yang terpenting dengan adanya penebaran benih ikan dan penanaman pohon buah, bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Kegiatan ini pun akan berkelanjutan," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Desa Waluran Mandiri, Heli Sugriwa mengapresiasi kegiatan tersebut. "Kami bersama warga berharap kegiatan ini menjadi langkah awal untuk memajukan wisata alam di Kecamatan Waluran," singkatnya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI