Sukabumi Update

Dorong Geliat Sektor Perikanan, Warga Ubrug Sukabumi Terima 10 Ribu Benih Nila

SUKABUMIUPDATE.com - Kementrian kelautan dan perikanan (KKP) dan Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPAT) Sukabumi menyerahkan 10 ribu benih ikan nilai kepada masyarakat di Desa Ubrug, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi.

Desa Ubrug dipilih KKP dan BBPAT karena memiliki sumber air yang melimpah sehingga cocok untuk sektor budidaya ikan. Hal ini sebagai upaya untuk mendorong geliat sektor perikanan di daerah tersebut.

BACA JUGA: Ada 136 Situ di Kabupaten Sukabumi, 13 Juta Benih Ikan Siap Dirilis

"Karena sumber air disini sangat melimpah, sayang jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Maka saya berinisiatif untuk menanam benih ikan nila ini," ujar Panji Rangga (30 tahun) warga Desa Ubrug, kepada sukabumiupdate.com, Selasa (28/1/2020).

Menurut Rangga, bantuan yang diterima sebanyak 201 buah kantong yang didalamnya terdampat 10 ribu ekor benih ikan Nila. Selanjutnya benih ini disebar ke beberapa kelompok pembudidaya ikan.

BACA JUGA: Lestarikan Sungai, Puluhan Ribu Benih Ikan Tawar Dilepas Liar di Tegalbuleud Sukabumi

"Alhamdulillah semua yang masuk dalam kelompok yang memiliki kolam ikan di Desa Ubrug mendapat bagian bantuan ikan Nila ini," jelasnya.

Sementara itu, warga lainnya Engkus (51 tahun) mengaku senang dan hampir semua warga merasa terbantu mengingat sudah lama kolam-kolam ikan warga tidak terkelola dengan baik karena benih ikan yang kurang.

"Alhamdulillah secara pribadi merasa senang dan terbantu oleh bantuan benih ikan nila ini, air disini berlimpah sudah lama kami memanfaatkan namun ikan yang ditanam kurang. Dengan adanya bantuan ini semoga masyarakat dan pemuda disini bisa lebih kreatif, berinisiatif demi membangun perekonomian desa dan memanfaatkan sumber alam di sekitarnya," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI