Sukabumi Update

Social Distancing Corona di Sukabumi, Jamaah Bersihkan Masjid Annashir Cibolangkaler

SUKABUMIUPDATE.com - Tangkal Virus Corona atau Covid 19, warga Kampung Cibolang, Desa Cibolangkaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi kompak melakukan aksi bersih-bersih.

BACA JUGA: Cegah Wabah, Polisi Bersih-bersih Alun-alun Palabuhanratu Sukabumi

Aksi bersih-bersih yang dipusatkan di Masjid Jamie Annashir Cibolangkaler Cisaat ini, sebagai bentuk ikhtiar untuk memerangi dan memastikan jika warga Cibolang sudah siap melawan balik Covid-19.

Dewan Penasehat DKM Jamie Annashir, KH E. Badrudin Usman, mengatakan aksi bersih-bersih tempat ibadah umat Islam ini bukan pertama kali ini saja dilakukan. Bahkan sebelumnya aksi sapu, pel masjid juga rutin dilakukan. Hanya saja, aksi beberesih kali ini bertepatan dengan munculnya fenomena wabah Covid-19.

"Kalau merujuk pada pemberitahuan pemerintah soal virus corona. Virus ini katanya mudah menyebar di kerumunan orang dalam jumlah banyak, termasuk masjid tempat berkerumunnya manusia yang hendak mendirikan solat lima waktu. Jadi sebagai langkah antisipasi, kami bersihkan masjid agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa terhindari, termasuk kita ganti karpetnya," kata Badrudin Usman di sela-sela bersih masjid, (Selasa 16/03/2020).

Sejak informasi virus corona marak, jamaah masjid yang melakukan kegiatan ritual solat di masjid yang diketuainya itu sama sekali tidak begitu terpengaruh dengan merebaknya bahaya virus corona. Jumlah jamaah masjid yang biasa solat di Masjid Annashir tetap seperti biasannya.

"Kalau sekarang ada imbauan ibadah (solat) dilakukan di rumah saja, bagi warga di sini sepertinya kurang berlaku. Yang biasa solat di masjid ya tetap ke masjid, kecuali yang biasa solat di rumah atau malas solat. Ya pasti jadi alasan untuk tidak solat di masjid," paparnya.

BACA JUGA: Terminal Palabuhanratu Belum Dilengkapi Hand Sanitizer, Alasannya?

Menurutnya, fenomena merebaknya wabah Covid-19 justru seharusnya menjadi ajang untuk lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta. Salah satunya adalah mendirikan solat berjamaah di masjid. 

"Sebelum solat lima waktu, kan ada kewajiban wudhu dulu. Wudhu adalah salah satu cara menyucikan anggota tubuh dengan air. Nah, dengan wudhu atas izin Allah, penyakit corona bisa terhindar. Semakin rajin solat dan wudhu maka Insha Allah virus corona tidak akan hinggap di tubuh kita," ungkapnya seraya mendoakan agar virus ini segera punah.

Selain solat yang tetap dilakukan berjamaah di masjid. Kegiatan pengajian rutin majelis taklim ibu-ibu dan bapak-bapak termasuk pengajian anak-anak selepas solat magrib tetap dilaksanakan di masjid ini.

"Kegiatan keagamaan di masjid ini tidak libur, tetap berjalan seperti biasanya, hanya upaya antisipasi dengan lebih menjaga pola hidup bersih tetap kami lakukan," pungkasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI