Sukabumi Update

DKM Masjid Al-Hurriyah Cicurug Sukabumi Menanti Sosialisasi Covid-19 Soal Peribadatan

SUKABUMIUPDATE.com - Masjid Agung Al-Hurriyah di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, tetap menggelar ibadah salat Jumat seperti biasa. Pantauan sukabumiupdate.com, jamaah memenuhi masjid hingga teras depan.

Sekertaris Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Al Hurriyah, Budi Budiansyah mengatakan, sebelum melaksanakan salat Jumat, pihak masjid menyemprotkan cairan Disinfektan. Penyempotan dilakukan setiap hari, kemudian khusus untuk hari Jumat, cairan tersebut disemprotkan sebelum dan sesudah salat Jumat.

BACA JUGA: Tempat Ibadah di Kota Sukabumi Disemprot Disinfektan

"Untuk hand sanitizer dan alat pengukur suhu tidak ada. Kita juga tidak pernah secara langsung didatangi oleh pihak terkait yang kompeten, tentang sosialisasi penanganan dan sikap harus bagaimana masjid menyikapi fenomena ini," ujar Budi, kepada sukabumiupdate.com, Jumat (20/3/2020).

Budi menurutkan sangat menanti kedatangan pihak yang kompeten yang dapat mensosialisasikan dan memaparkan secara spesifik wabah dan penyebaran Covid-19. Pihak yang kompenten tersebut dapat berkomunikasi dan berkordinasi serta menjelaskan kepada pihak masjid khususnya dan jamaah soal Covid-19.

BACA JUGA: Salat Jumat Tetap Ada, Masjid Agung Palabuhanratu Sukabumi Dibersihkan

Hal itu dibutuhkan agar tidak terjadi kesalahfahaman tentang pelaksanaan peribadatan khususnya di Al-Hurriyyah sebagai masjid besar di kecamatan Cicurug. 

"Karena masjid setiap hari didatangi oleh jamaah maka saya rasa bisa digunakan sebagai fasilitator untuk mengedukasi masyarakat secara umum. Kuncinya pemerintahan, BNPB, dan MUI di daerah selalu berkordinasi dengan masjid dan para kiyai-kiyai setempat. Karena fatwa MUI Pusat belum tentu mudah diterapkan di daerah," tandasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI