Sukabumi Update

Berada di Perbatasan Cianjur-Sukabumi, Dua Desa Ini Rutin Disemprot Disinfektan

SUKABUMIUPDATE.com - Berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, dua desa di Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, rutin dilakukan penyemprotan disinfektan demi mencegah dan memutus penyebaran Covid-19. 

Dua desa itu adalah Desa Cidadap dan Desa Padasenang yang berbatasan langsung dengan Desa Sinarbakti, Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur. 

BACA JUGA: Perbatasan Sukabumi - Cianjur via Tegalbuleud Dijaga

Kepala Desa Padasenang, Soni Sonjaya mengatakan, dengan hari Kamis (16/4/2020) ini penyemprotan diperbatasan sudah dua kali dilaksanakan. Pada hari ini, kata Soni, penyemprotan mengerahkan satu unit pemadam kebakaran (Damkar). 

Adapun yang terlibat dalam penyemprotan tersebut yaitu Muspika Cidadap, Puskesmas Cidadap, Pemdes Cidadap, Pemdes Padasenang, KNPI, Pemuda Pancasila, dan para relawan.

BACA JUGA: Perbatasan Cianjur Dijaga Petugas yang Tak Dibekali SOP Pencegahan Covid-19

"Kalau penyemprotan disinfektan memang sudah dilakukan dua kali, dan tadi dilakukan kembali dengan menggunakan satu unit mobil Damkar Sagaranten. Penyemprotan dilakukan dengan menyisir sepanjang jalan protokol Desa Cidadap dan Desa Padasenang," kata Soni Sonjaya, kepada sukabumiupdate.com.

Selain menggunakan Damkar, kata Soni, penyemprotan juga dilakukan dengan manual menggunakan tangki supaya apat menjangkau daerah pemukiman warga. Selain penyemprotan Pemdes sendiri sudah membagikan 1000 masker kepada warga.

BACA JUGA: Perbatasan Sukabumi-Banten Diperketat, Terminal Cibareno Cisolok Disterilisasi

Setiap harinya, kata Soni, selalu ada petugas yang berjaga diperbatasan tersebut. "Mengingat desa kami berbatasan dengan kabupaten Cianjur, diperbatasan pun dimonitoring oleh relawan Covid-19," pungkasnya.

Sementara itu salah satu tokoh pemuda Cidadap, Samsun Ramlie menjelaskan pembagian masker kepada warga dan pengguna Jalan Raya Cidadap disuplai Tim Penggerak PKK Cidadap. 

BACA JUGA: Perbatasan Sukabumi-Bogor Dijaga, Imbas PSBB Jumlah Penumpang Angkot Dibatasi

"Tadi sebanyak 6.000 masker yang dibagikan, dan merupakan pembagian tahap ketiga dari Gugus Tugas Covid-19 tingkat kecamatan bekerjasama dengan Satgas desa, serta relawan. Pembagian masker disebar di Desa Banjarsari, Desa Cidadap dan Desa Padasenang," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI