Sukabumi Update

Ratusan Nelayan Palabuhanratu Dapat Bantuan Sembako

SUKABUMIUPDATE.com - Wabah virus Corona atau Covid-10 membuat nelayan di kawasan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi tak bisa melaut. Bukan hanya itu, daya beli masyarakat terhadap ikan hasil tangkapan nelayan juga menurun drastis.

BACA JUGA: Cegah Covid-19, Nelayan Palabuhanratu Dibagi Masker

Melihat kondisi tersebut, Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP) melakukan bakti sosial Bakti Peduli Nelayan tahun 2020. Kepala PPNP, Ririn Sugihariyati mengatakan, sekitar 200 paket bantuan sosial diberikan oleh PPNP kepada 200 nelayan terdampak Covid-19.

"Dari Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap bantu nelayan kecil, karena kebanyakan nelayan kecil saat ini tidak melaut karena virus corona," ujar Ririn kepada awak media selepas acara bakti sosial di Kantor PPNP, Senin (20/4/2020).

BACA JUGA: Peringati Hari Nelayan, drh Slamet: Buat Mereka Bangga dengan Profesinya

Ririn menjelaskan, selain karena dampak corona, nelayan tidak melaut juga diakibatkan kurangnya hasil penangkapan. Lebih lanjut, Ririn menilai pembagian sembako kepada nelayan, menurutnya tidak terlepas berkat partisipasi para pengusaha yang ada di Palabuhanratu.

"Tidak melaut itu sebenaranya selain dampak dari corona, kebetulan ikan saat ini juga berkurang, jadi terkait keberadaan ikan juga berkurang jadi salah satu penyebab nelayan tidak melaut," jelasnya.

BACA JUGA: Perkenalkan Si Cantik Putri Nelayan 2020 Sukabumi, Namanya Silvana Yunita Putri

Ririn juga mengimbau nelayan agar selalu memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan saat melaut, salah satunya menggunakan masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas melaut.

"Sudah diimbau juga kepada nelayan untuk memperhatikan protokol kesehatan saat melaut, selain menghimbau kami juga rutin memeriksa suhu tubuh nelayan ketika selesai melaut, serta menyemprotkan disinfektan ke kapal-kapal nelayan," tandasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI