Sukabumi Update

Buat Masker Sendiri, Pemuda Banyuwangi Sukabumi Bentuk Relawan Siaga Covid-19

SUKABUMIUPDATE.com - Para pemuda di Desa Banyuwangi, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi membentuk Relawan Siaga Covid-19. Tim relawan dibentuk dalam rangka membantu kinerja Satgas Covid-19 tingkat desa.

"Kami memandang perlu adanya relawan yang membantu pihak pemerintah dalam penanganan pencegahan virus Corona, sehingga berinisiatif membentuk Tim Relawan Siaga Covid-19 secara swadaya," ujar Ketua Relawan Siaga Covid 19 Desa Banyuwangi, Yakub Mulyana (22 tahun), kepada sukabumiupdate.com, Jumat (8/5/2020).

BACA JUGA: DPRD Kabupaten Sukabumi Dapat Sumbangan APD dari Pejuang Sukabumi

Yakub mengatakan, para pemuda merasa terpanggil untuk melakukan sesuatu dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, terutama di lingkungan sekitarnya. Ia melihat bahwa antisipasi pencegahan harus dilakukan semua elemen masyarakat.

"Tujuannya adalah membantu pemerintah. Di desa kami belum ada kasus pasien Covid-19, oleh karena itu kami fokus pada pencegahan. Kami melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat, bekerja sama dengan para kiai di masjid," imbuhnya.

BACA JUGA: Pendukung Persib Bagi-bagi Masker Jelang PSBB di Palabuhanratu

Selain itu, Yakub dan pemuda lainnya mengumpulkan kain secara swadaya untuk dibuat masker. Masker tersebut kemudian dibagikan secara door to door kepada warga.

"Kebetulan ada salah satu dari kami yang punya mesin jahit jadi semuanya bisa kami kerjakan secara mandiri. Sudah 300 masker yang dibagikan. Dan alhamdulillah kami didukung oleh Kepala Desa, Bapak Umaran. Kami berharap kedepan pemuda di desa lain mau bekerjasama membantu pemerintah agar pandemi ini segera berakhir," ungkapnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI