Sukabumi Update

Kreatif, Pemuda Purwasedar Sukabumi Sulap Limbah Kayu Kampanyekan Hidup Bersih

SUKABUMIUPDATE.com - Sekelompok pemuda asal Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi ini punya caranya sendiri dalam merawat kebersihan lingkungan sekitarnya.

Pemuda yang tergabung dalam komunitas Gabungan Anak Simpang Tiga Panggilingan (GASTIP) ini membuat puluhan tong sampah dari barang bekas dan papan slogan berisi ajakan untuk menjaga kebersihan.

BACA JUGA: Ada Kasus Positif di Nanggeleng Sukabumi, Pemuda Langsung Semprot Disinfektan

Koordinator GASTIP, Yusuf Ferdi Maulana mengatakan, para pemuda kreatif itu membuat 30 tempat sampah dan 40-an papan slogan kampanye kebersihan.

"Bahan-bahannya dibuat dari material kayu bekas sisa-sisa penggesekan kayu," kata Yusuf kepada sukabumiupdate.com, Rabu (29/7/2020).

BACA JUGA: Komunitas Sosial di Surade Sukabumi Galang Dana untuk Korban Banjir Luwu Utara

Masih kata Yusuf, tong sampah dan papan slogan dipasang di beberapa titik, antara lain Kampung Panggilingan RT 02 RW 01 Desa Purwasedar, RT 15 RW 04 Desa Ciracap, RT 16 RW 04 Desa Ciracap.

"Proses pembuatannya memakan waktu satu minggu melibatkan pemuda dari tiga RT. Kami juga melakukan pembersihan rumput liar di lingkungan kampung," lanjutnya. 

Pemuda yang tergabung dalam komunitas Gabungan Anak Simpang Tiga Panggilingan (GASTIP) membuat puluhan tong sampah dan papan slogan berisi ajakan untuk menjaga kebersihan. | Foto: Istimewa

Ia menyebut, aksi sosial ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesadaran hidup bersih dan sehat, khususnya di lingkungan Kampung Panggilingan.

"Agar masyarakat daerah lain ikut tergugah untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitarnya. Kami berharap bisa berkontribusi untuk mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang lebih bersih dan sehat," tandas Yusuf.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI