Sukabumi Update

Masuk Nominator API, Ayo Dukung Kasepuhan Ciptagelar Cisolok Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kasepuhan Ciptagelar di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi tahun ini masuk sebagai nominator dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata.

Kepala Dinas Pariswisata Kabupaten Sukabumi, Usman Jaelani, menyatakan Kasepuhan Ciptagelar masuk nominasi Anugrah Pesona Indonesia (API) untuk kategori Kampung Adat Terpopuler. 

BACA JUGA: Kasepuhan Ciptagelar Banten Kidul Sukabumi Minta Tunda Kunjungan Hingga 28 Maret 2020

Kasepuhan Ciptagelar masuk nominator, setelah tim pariwisata mengusulkannya. "Dipilihnya Kasepuhan adat Ciptagelar karena ada di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu dan memenuhi syarat hingga diusulkan mengikuti nominasi tingkat nasional," ujar Usman kepada sukabumiupdate.com, Kamis (6/8/2020).

Dijelaskan Usman, setiap Kasepuhan Adat yang ada di Kabupaten Sukabumi memiliki keunikan salah satunya dalam setiap aktifitasnya selalu menjunjung dan mempertahankan kearifan lokal, diantaranya memiliki agenda budaya seperti acara adat Seren Taun dan setiap sudut rumah warga di kampung adat terdapat leuit (lumbung) sebagai tempat penyimpanan hasil panen padi.

BACA JUGA: Seren Taun ke 652 Ciptagelar Sukabumi, Kasepuhan: Maaf Tidak Menerima Tetamu dari Luar

"Kalau ingin menjadi pemenang harus banyak yang Like dan kirim SMS untuk itu dukungan masyarakat sangat dibutuhkan," terangnya.

Dengan masuknya Kasepuhan Ciptagelar menjadi salah satu nominator dalam ajang tesebut, Usman berharap Kabupaten Sukabumi lebih dikenal dunia dan kunjungan wisatawan lebih meningkat di masa yang akan datang.

 "Mari kita dukung Kasepuhan Cipta Gelar bisa meraih nominasi API 2020 dan untuk dukungan masyarakat Kabupaten Sukabumi bisa dengan cara ketik API 13E SMS ke 99386 atau bisa melalui Instragram," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI