Sukabumi Update

Upacara Bendera di Bojonggenteng Sukabumi, Petugas Pakai Sorban dan Sarung

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kampung Pamatutan RT 20 dan RT 21/RW 08, Desa Bojonggenteng, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi menggelar Upacara Bendera dengan mengenakan kostum bernuansa religi, Senin (17/8/2020). Acara tersebut diselenggarakan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

"Dalam rangka 17 Agustusan, dimana pada hari ini kecamatan tidak mengadakan upacara. Sehingga kita warga Kampung inisiatif menyelenggarakan upacara ini," kata salah seorang petugas upacara, Asep Hidayat kepada sukabumiupdate.com.

Asep mengatakan, sejauh ini dalam acara tersebut tidak terjadi kendala apapun, meski persiapan warga untuk bisa dibilang sangat minim. Ia berharap setelah mengikuti upacara ini rasa nasionalisme warga kembali tergugah dan silahturahmi antar warga semakin erat.

BACA JUGA: Tepat Pukul 10.17 WIB, Warga di Jalan Siliwangi Palabuhanratu Kompak Beri Hormat

"Alhamdulillah upacara ini berjalan lancar, walaupun persiapannya hanya latihan sekali. Tujuan upacara ini ingin membangkitkan atau menanamkan rasa nasionalisme dan agar warga lebih kompak tadinya tidak bersatu jadi bersatu berkat acara ini," terangnya.

Masih kata Asep, upacara bendera ini melibatkan semua unsur masyarakat yang bermukim di kampung tersebut. Namun untuk para petugas upacara itu berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).  

"Konsep yang kami terapkan hari ini berbau keagamaan dengan para petugas menggunakan sarung dan sorban. Harapannya tahun depan jika kami dapat izin dari kecamatan, kita akan menyelenggarakan upacara ini lebih besar dan persiapannya pun lebih matang," tandasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI