Sukabumi Update

Selamatkan Mata Air, Komunitas Tanam Pohon di Gunung Wangun Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Komunitas Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Lingkungan (FKMPL) Semesta Lestari, menanam ribuan pohon di kawasan Gunung Wangun Kampung Cikondang, Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (12/9/2020).

Salah satu tujuan penanaman ribuan pohon tersebut adalah untuk menyelamatkan sumber mata air yang ada di kawasan Gunung Wangun.

Humas Komunitas FKMPL, Suhud mengatakan, hutan di kawasan Gunung Wangun telah dirusak oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

"Lagian kan di sana itu ada sumber mata air, sehingga mengakibatkan mata air yang dikelola Perumda AMTJM debitnya berkurang," kata Suhud kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Tanam Pohon, Aksi Protes Warga Jampang Tengah Sukabumi terhadap Jalan Rusak

Suhud menjelaskan, dalam aksinya kali ini sabanyak 1.000 bibit dari berbagai jenis pohon seperti nyamplung, kenari, ketapang cendana, akasia, sirsak, nangka, bambu krisik, jengjeng, mani'i dan lainya, ditanam FKMPL bersama masyarakat setempat.

"Ini sebagai upaya menjaga kelestarian hutan dan alam di sekitaran Gunung Wangun, serta menjaga sungai agar tetap berfungsi menghasilkan air," tutur Suhud.

Masih kata Suhud, kegiatan tersebut ia lakukan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan yang harus dijaga agar dapat diwariskan kepada generasi berikutnya.

"Alam ini aset terbesar bagi kehidupan umat manusia, jadi perlu dijaga. Tentunya setelah kegiatan ini selesai kami akan terus memantau perkembangan kawasan Gunung Wangun agar tetap terjaga," tandasnya.

Editor : Koko Muhamad

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI