Sukabumi Update

KITA Bandar Lampung Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Petani di Tengah Pandemi

SUKABUMIUPDATE.com - Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) Bandar Lampung mendeklarasikan kepengurusannya di Asrama LKP Doa Bangsa, Bandar Lampung.

Deklarasi yang dilaksanakan Senin (26/10/2020), dihadiri secara langsung oleh ketua majelis hikmah Darmaji dan ketua KITA Bandar Lampung Faiz Daiman, bersama jajaran pengurus yang baru dibentuknya. Sementara itu pengurus KITA Pusat, Kyai Maman Imanul Haq, Bapak Ayep Zaki, Ibu Camellia, Bapak Taufik Rahzen, dan pengurus lainnya menyaksikan secara virtual.

Ketua majelis hikmah Bandar Lampung, Darmaji menjelaskan bahwa KITA Bandar Lampung hadir sebagai koalisi independen masyarakat Bandar Lampung yang diharapkan akan menjadi wadah kegiatan untuk mempererat rasa saling hormat menghormati, saling mensejahterakan dan saling menghambur kasih sayang bagi seluruh masyarakat Bandar Lampung, khususnya yang mendambakan kebersamaan sebagai sesama warga Negara Indonesia.

Disamping itu, Ketua KITA Bandar Lampung Faiz Daiman, menyampaikan bahwa Kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum menentu kapan berakhirnya akan berdampak pada kekhawatiran para petani terhadap harga jual hasil panen, sementara kebutuhan-kebutuhan ekonomi rumah tangga yang terus meningkat. 

Menurut Faiz, kondisi seperti ini tentu akan sangat rawan menimbulkan perpecahan, gesekan dan perselisihan dikalangan masyarakat. "Maka dalam kondisi saat ini KITA Bandar Lampung hadir untuk bersama- sama, bahu membahu dengan masyarakat Bandar Lampung pada umumnya untuk menciptakan berbagai solusi permasalahan ekonomi utamanya pada sektor pertanian," jelasnya.

Menurut Faiz, para Petani saat ini sudah saatnya kembali diarahkan kepada intensifikasi sehingga dapat mengoptimalkan hasil panen serta bukan lagi fokus terhadap penjualan hasil panen tapi mampu mengolah hasil panennya menjadi produk yang bernilai jual. "Sehingga mampu menciptakan lapangan kerja berupa pendirian Usaha Kecil Menengah (UKM) yang kreatif dan inovatif yang seiring sejalan dengan program - program dan bersinergi dengan pemerintah," jelasnya.

Faiz memaparkan, KITA Bandar Lampung saat ini memiliki program pertanian unggulan berupa kemitraan dengan petani-petani lokal dalam beberapa jenis budidaya tanaman Holtikultura seperti jagung dan singkong.

"Disamping itu KITA Bandar Lampung juga memiliki usaha pendistribusian beras sebagai upaya menjaga ketahanan pangan yang selanjutnya didistribusikan ke petani dengan harga yang lebih terjangkau," jelasnya.

Kyai Maman Imanul Haq, ketua KITA pusat menjelaskan bahwa Kerapatan Indonesia Tanah Air hadir bukan karena reaksi dari aktivitas sekelompok masyarakat tertentu, akan tetapi KITA hadir untuk terus meneguhkan moralitas dalam mengawal tujuan hidup berbangsa dan bernegara.

Sementara itu Sekjen KITA, Ayep Zaki menambahkan bahwa apa yang menjadi tujuan KITA Bandar Lampung adalah sesuatu yang sangat mendasar yang harus mendapat dukungan dari semua pihak terkait utamanya para pemegang kebijakan di negeri ini.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI